Jangan Sepelekan Bodi Kurus

Soal berat badan, sepertinya menjadi satu hal paling dipusingkan kaum perempuan, apalagi para Mellenials. Kalau tidak berat yang berlebihan, berat badan yang kurang atau merasa terlalu kurus. Berat badan tidak ideal memang bisa mengganggu penampilan.

Menurut dr. Brain Gantoro, SpGK spesialis gizi klinik di RS Awal Bros Batam, berat badan yang kurang pada wanita muda biasanya sering terdeteksi karena adanya penyakit dalam. Umumnya mereka mengidap sakit paru – paru. Bisa pula karena hiperaktif kelenjar tiroid.

“Penyakit paru – paru akan menggerogoti nutrisi yang di makan dan diasup,” kata dr. Brain. Dia menjelaskan Hipertiroidisme adalah kondisi ketika kadar hormon tiroksin di dalam tubuh sangat tinggi. Hormon tiroksin dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang berperan dalam berbagai proses metabolisme. Sebab itu, gangguan pada hormon ini akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Hipertiroidisme cenderung terjadi pada wanita. “Kondisi ini bisa muncul pada usia berapapun, termasuk ketika masih anak – anak. Tapi biasanya muncul ketika memasuki usia 20 – 40 tahun. Termasuk. Hiperaktif kelenjar tiroid itu kebutuhan sangat besar dibandingkan dengan asupan. Semua kerja di badan lebih cepat, denyut jantung bertambah bahkan usus juga bekerja lebih cepat”, ujar dr. Brain.

Selain penyakit, ada faktor lain yang menyebabkan badan kurus yakni turunan dari keluarga, baik dari sebelah ibu ataupun ayah. Jika keluarga (ayah dan ibu) mempunyai riwayat sakit diabetes, bisa juga menyebabkan badan menjadi kurus dan sulit untuk memiliki berat badan ideal.

Solusi utama yang bisa dilakukan, kata dr. Brain, tentunya dengan makan banyak. Kamu bisa makan apapun untuk menaikan berat badan. Namun, jika sudah usia di atas 35 tahun perlu diperhatikan makanan yang baik untuk menaikkan berat badan. Untuk melihat berat badan ideal, kamu (wanita) bisa menggunakan rumus : {tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 15%}. Sedangkan rumus untuk pria adalah : {tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 10%}.

Sebagai contoh hitungan : Jika kamu memiliki tinggi badan sebesar 150 cm, maka berat badan yang ideal adalah sebesar 50-725=42,5 kg.

 

TIPS MENAIKKAN BERAT BADAN

  1. Disarankan makan dalam porsi yang lebih banyak dari biasanya. Terutama perbanyak konsumsi karbohidrat serta protein.
  2. Hindari makan-makanan manis yang terlalu berlebihan karena hal ini justru menghambat selera makan.
  3. Untuk cemilan, lebih baik adalah roti dibandingkan dengan biskuit manis.
  4. Kamu bisa olahraga ringan tetapi hindari olahraga kardio. Olahraga ringan dapat meningkatkan selera makan
  5. Jika semua telah dilakukan namun berat badan masih sama, maka kamu cek ke ahli gizi di rumah sakit
  6. Setelah mendapatkan berat badan ideal, lakukanlah diet (pola makan) sehat dengan menyeimbangkan antara gula, garam dan minyak.
Sumber : Tribun Batam | Senin, 9 Oktober 2017 | Hal. 12
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *