Deteksi Dini Flek Hitam di Wajah

Laporan HENNY ELYATI, Pekanbaru

Kehadiran flek hitam di wajah memang sangatlah mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Sebelum flek hitam ini timbul, ada baiknya dilakukan deteksi dini sebelum terlambat.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Awal Bros Panam Dr. Faridah Israwaty Lubis SpKK kepada Riau Pos menjelaskan, flek hitam di wajah bisa timbul akibat adanya hiperpigmentasi pada kulit. Hipergimentasi bisa dikatakan sebagai proses penggelapan pada bagian kulit tertentu (biasanya kulit wajah) yang disebabkan meningkatnya proses produksi melanin. Paparan sinar matahari, kosmetika, pengaruh hormon dan reaksi inflamasi sprt jerawat merupakan salah satu penyebabnya.

Dikatakannya, gelap atau tidaknya warna kulit seseorang dipengaruhi oleh banyaknya zat warna (pigmen) yang dinamakan melanin di dalam kulit. Jika terlalu banyak melanin di dalam

kulit, otomatis warna kulit akan menjadi lebih gelap, ada kalanya produksi melanin menjadi lebih banyak hingga membuat warna kulit menjadi lebih gelap untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan seperti  paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan selain itu mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama juga dapat membuat kulit menjadi lebih gelap.

Perubahan warna kulit paling mudah dilihat dari wajah. Jika ada noda, flek, atau bintik hitam di wajah, itu bisa saja ditimbulkan oleh salah satu penyebab di atas. Bintik atau bercak hitam di wajah memang bukan hal yang diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum wanita,’’ kata Dr. Faridah.

Untuk mencegah flek hitam semakin parah, gunakan tabir surya dengan SPF yang tidak kurang dari 15, lima menit setelah Anda mengaplikasikan pelembap, serta menghindari faktor yang diduga sebagai pencetus. Jika Anda rutin melakukan beberapa langkah di atas, tunggu enam sampai delapan minggu untuk melihat hasilnya.

“Banyak sekali penyebab flek hitam di wajah ini, di antaranya faktor keturunan, paparan sinar matahari, bekas jerawat, hormonal, kekurangan mineral, efek samping obat-obatan, kurang vitamin, stress, menopause, penggunaan kosmetik berbahan kimia yang mengandung zat merkuri dan asam salisilat,’’ terang Dr.  Faridah.

Pada kesempatan itu, Dr. Faridah memberikan tips bagaimana menghilangkan flek hitam di wajah

  1. Banyak minum air putih

Air putih selain berperan untuk menghindari dehidrasi, juga penting untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegah munculnya flek hitam serta penuaan dini. Minumlah cukup air untuk tubuh sekitar 2 liter per hari.

  1. Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E

Buah cocok sebagai menu dalam diet harian, selain untuk sumber vitamin juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya flek hitam. Karena pada umumnya, buah-buahan tidak memiliki racun apapun asal pembersihannya tepat. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah secara rutin karena aman untuk tubuh.

Buah kuning yang banyak ditemui ini ternyata kaya akan sumber vitamin sebagai anti aging (anti penuaan).

  1. Hindari merokok

Pada umumnya setiap orang menghindari merokok karena takut terkena serangan jantung dan kerusakan organ lainnya. Namun ternyata merokok juga mempengaruhi kecantikan kulit kita, terutama untuk kaum hawa.

Salah satu manfaat tidak merokok adalah mencegah kerutan pada kulit. Karena merokok dapat mempercepat timbul dan menambah dalam keriput. Faktornya disebabkan karena bahan kimia dalam rokok mempunyai efek samping untuk perkembangan kulit dan gerakan merokok yang secara sistematis menciptakan kerutan yang lebih cepat pada area mulut dan hidung.

  1. Jam tidur yang cukup

Tidur sangat mempengaruhi kesehatan, yang terpenting dari tidur bukanlah kuantitas waktunya, tapi keefektifannya. Tidur sekitar jam 8 malam – 4 pagi sangat baik untuk regenerasi sel tubuh atau menumbuhkan kembali bagian tubuh yang bermasalah dan penyembuhannya. Selain itu krim malam pun lebih optimal berpengaruh pada waktu ini untuk meregenerasi kulit dan mengganti kulit mati. Misalnya kita tidur selama 6 jam tetepi tidurnya dari jam 3 pagi- 9 pagi, maka jam tidur yang efektif hanya 2 jam untuk meregenerasi kulit karena hormon melatonin sedang maksimal hanya setelah isya sampai sepertiga malam.

‘’Untuk menghilangkan flek hitam di wajah bisa dilakukan dengan beberapa cara selain secara alami, klinik kecantikan, menggunakan produk kecantikan dan sebagainya. Perlu diketahui khusus produk kecantikan ini sebaiknya dilihat apakah produk tersebut sudah mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan teliti dengan tanggal kadaluarsanya.,’’ terang Dr. Faridah.

Dikatakan Dr. Faridah, peeling merupakan perawatan kecantikan yang aman untuk kulit jika dilakukan dengan ahlinya dan cara yang tepat. Melakukan peeling cukup 1 kali dalam sebulan, jika terlalu berlebihan melakukan peeling akan membuat kulit iritasi.

Dimana peeling bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Peeling dapat mengangkat sel kulit mati, lalu menggantinya dengan sel kulit baru yang membuat kulit terlihat lebih cerah, menghilangkan noda bekas jerawat. Ketika sel kulit mati terangkat dengan peeling, noda bekas jerawatpun ikut terangkat. Jadi peeling membersihkan jerawat beserta flek-fleknya dan dapat meringkaskan pori-pori. Pori-pori yang besar merupakan salah satu faktor munculnya komedo dan jerawat di wajah.

‘’Selain itu, penggunaaan tabir surya wajib dilakukan. Jika beraktivitas di luar ruangan sebaiknya pakai tabir surya idealnya sekali dua jam dengan minimal 40 SPF. Sedangkan di dalam ruangan dengan SPF maksimal 30,’’ tutupnya.*

Sumber : Riau Pos, tanggal 20 Oktober 2017, halaman 8

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *