RS Awal Bros Panam Peringati hari Kanker Payudara Sedunia

Ada yang berbeda di pagi Kamis tgl 26 Oktober 2017 di RS Awal Bros Panam, semua petugas menggunakan baju berwarna pink dan pasien serta pengunjung menggunakan pita di dada sebelah kanan, usut punya usut rupanya hari itu bertepatan dengan hari dan bulan pencegahan kanker payudara yang merupakan momok menyeramkan bagi para wanita karena merupakan  penyakit kanker no.2 yang menyebabkan kematian setelah kanker leher rahim

Apa itu kanker payudara?

Hampir 85% pasien kanker payudara datang ke rumah sakit dalam keadaan stadium lanjut. Hal ini akan mempengaruhi prognosis dan tingkat kesembuhan pasien. Padahal jika kanker payudara ditemukan dalam stadium awal, maka tingkat kesembuhan pasien akan sangat baik.

Untuk menemukan kanker payudara dalam stadium awal, yang diperlukan adalah deteksi dini. Dianjurkan kepada perempuan di bawah usia 35 tahun untuk melakukan USG payudara dan perempuan dengan usia di atas 35 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mammografi satu tahun sekali. Dengan melakukan deteksi dini maka jika akan mudah ditemukan jika ada tumor dalam ukuran yang masih kecil sekalipun dan akan lebih cepat dilakukan tindakan pengobatan ataupun operasi.

Pencegahan merupakan hal yang paling penting daripada pengobatan. Pencegahan juga jauh lebih murah daripada pengobatan.Untuk mencegah kanker payudara, ada hal yang sangat mudah dan tanpa harus mengeluarkan biaya. Pencegahan tersebut adalah dengan melakukan SADARI ( Periksa Payudara Sendiri) secara rutin setiap bulan. Tentang SADARI telah dijelaskan dalam artikel mengenai SADARI.

Pada saat melakukan SADARI, jika ditemukan tanda-tanda kanker payudara, maka hendaknya langsung memeriksakan diri ke RS untuk melakukan pemeriksaan diagnostik lebih lanjut.

Tanda-tanda kanker payudara adalah :
•    Teraba benjolan di payudara. Benjolan seringkali tidak berasa nyeri
•    Terdapat perubahan tekstur kulit payudara.Kulit payudara mengeras dengan permukann seperti  kulit jeruk
•    Terdapat luka yang tidak kunjung sembuh
•    Keluar cairan dari puting
•    Terdapat cekungan ataupun tarikan di kulit payudara

Bertepatan di hari kanker payudara Sedunia ini RS Awal Bros Panam juga memberikan promo khusus untuk pemeriksaan USG MAMMAE dengan harga Rp.280.000, Promo ini berlaku sampai 25 November 2017. Segera periksakan diri anda, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Categories: Artikel and RS Awal Bros Panam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *