Jangan Biarkan Mata Terlalu Lelah

Bekerja seharian di depan komputer atau laptop maupun gadget lain tak hanya menyisakan rasa lelah pada badan tapi juga berimbas pada lelahnya mata. Efeknya, biasanya mata menjadi perih, lelah, berair, panas, hingga membuat kepala jadi pusing. Hal tersebut merupakan efek lelah pada mata setelah melihat layar penuh cahaya tersebut.

“Pekerjaan dengan bantuan gadget memang jadi lebih mudah. Tapi kita harus lihat dulu dampak negatifnya. Sinar, warna, kontras komputer, hingga cahaya ini mempengaruhi kondisi mata. Malah akibatnya bisa mata rabun dan sebagainya,” kata dr. Hafizah, SpM selaku dokter spesialis mata di Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Hal lain yang mempengaruhi kesehatan mata selama bekerja dengan bantuan gadget adalah posisi duduk, jarak dengan komputer atau gadget yang kita pegang, arah sinar lampu, hingga pendinginan ruangan pula harus diperhatikan.

Gaya hidup yang tidak sesuai, bisa terjadi sejak kecil. Karena sejak usia dini, sudah berinteraksi dengan gadget atau komputer. Dan hingga usia 21 tahun, gangguan refraksi atau kelainan penglihatan sehingga harus menggunakan kacamata akan terus bertambah. Setelah usia 21 tahun, anatomi mata tidak akan bertambah.

“Saat lelah bekerja di depan laptop atau komputer, istirahatnya bukan beralih melihat smartphone. Tetapi kita perlu lihat yang lain, diluar ruangan. Maka perlu ada tanaman dalam ruangan untuk antioksidan baik untuk mata,” ujarnya.

Mata tentu perlu istirahat guys, karena kerjanya hampir sama dengan kamera. Ia akan melakukan zoom out, zoom in pula untuk mendapatkan fokus dari objek yang kita lihat. Jika dipaksakan akan beresiko terhadap penglihatan mata. Namun, tentu saja kembali pada gaya hidup. Saat teknologi bermanfaat bagi kita, tentu ada dampak negatif darinya. Pelajari dampak tersebut, untuk mencari solusinya.

TIPS AGAR MATA TAK MUDAH LELAH

  • Biasakan setelah 1-2 jam di depan komputer atau laptop, usahakan istirahatkan mata selama dua sampai lima menit. Dengan melihat ke luar ruangan
  • Berikan obat tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter mata
  • Cuci mata atau kompres dengan air dingin saat terasa lelah
  • Jarak pandang dengan gadget/komputer, minimal dua jengkal kita atau 30 cm
  • Posisi lampu di belakang posisi kita saat menggunakan laptop
  • Hindari kipas atau AC yang tepat berada di depan mata
  • Saat duduk, posisi tulang punggung harus lurus. Agar mata bisa pas mencari fokus yang sesuai
SUMBER : TRIBUN BATAM | MELLENNIAL | SELASA, 7 NOVEMBER 2017 | HAL. 12
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *