Penderita Stres di Batam Meningkat

Perekonomian yang lesu menimbulkan efek domino bagi masyarakat Batam. Bukan hanya membuat sekitar 200 ribu orang kehilangan pekerjaan, kondisi ini juga mengakibatkan kesehatan masyarakat menurun. Baik fisik maupun psikis.

dr. Brain Gantoro, SpGK
Spesialis Gizi Klinik
RS Awal Bros Batam

Dr. Brain Gantoro, SpGK selaku dokter Spesialis Gizi Klinik RS Awal Bros Batam menjelaskan kondisi ekonomi sangat besar pengaruhnya pada kesehatan masyarakat. Saat ekonomi lesu, daya beli masyarakat menurun. Efeknya, yang biasanya belanja makanan yang bergizi demi memenuhi standar kebutuhan gizi tubuhnya dan keluarganya, terpaksa belanja makanan yang standar gizinya lebih rendah.

“Gizi itu didapat menggunakan apa? Ya dengan duit. Kalau duit tak ada bagaimana mau memenuhi asupan gizinya,” katanya. Saat krisis, kata dia, masyarakat cenderung memilih makanan yang harganya relatif murah. Masyarakat tak lagi berpikir apakah kandungan gizinya cukup atau tidak. Masyarakat tak lagi melihat apakah kadar lemaknya tinggi, bervitamin atau tidak. Yang penting harganya ekonomis dan mengeyangkan.

“Akibatnya, gizi menjadi tak seimbang. Penyakit degeneratif akan cepat datang, seperti jantung, stroke, kanker dan diabetes,” ungkapnya. Penyakit degeneratif itu, menurut Brain, tidak langsung timbul. Melainkan ditandai dengan gejala gangguan kejiwaan dan tubuh. “Awalnya pikiran, lalu ke saluran cerna seperti muntah, mencret, konstipasi, tak nafsu makan. Ditambah pola makan salah, ya sudah muncul penyakit degeneratif itu,” jelasnya.

dr. Brain Gantoro, SpGK mengungkapkan, di era krisis seperti sekarang ini memang harus hati-hati dan lebih cermat dalam memilih makanan. Ia menyebutkan sebagian besar pasien yang datang kepadanya adalah pasien dengan masalah gizi karena faktor pikiran. “75 persen pasien yang saya urus itu karena faktor stres. Ada akibat masalah ekonomi, ada juga akibat faktor-faktor lainnya,” ungkapnya.

SUMBER : https://batampos.co.id/2017/11/07/ekonomi-lemah-penderita-stres-di-batam-meningkat/
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *