Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi, Malas Menyusu Salah Satunya

PENYAKIT jantung bawaan jadi salah satu penyakit yang umum dialami anak sejak lahir. Dampaknya cukup fatal dan harus segera dilakukan pembedahan untuk meningkatkan harapan hidup.

Berdasarkan data, 6-12 per 1000 kelahiran hidup bayi kena penyakit jantung bawaan. Untuk prevalensinya hingga saat ini sebesar 50.000 pasien.

Ahli Jantung Anak dr. Nuvi Nusarintowati, SpA(K) menjelaskan, penyakit jantung bawaan terjadi akibat pertumbuhan organ jantung di masa janin sampai lahir. Pasien mengalami kelainan organ yang bisa dibawa hingga dewasa.

“Penyakit jantung bawaan merupakan salah satu penyebab kematian perinatal dan bayi. Sayangnya, bayi yang menderita penyakit ini tidak menunjukkan gejala khas alias seperti bayi normal,” ujar dr Nuvi dalam presentasinya di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Selasa (14/11/2017).

Kontribusi kematian akibat penyakit ini sangat rentan dialami bayi umur 0-1 bulan. Karena itu perlu deteksi awal sebagai langkah pencegahan.

“Secara awam, bayi dengan jantung bawaan lahir biasanya gagal tumbuh. Anak biasanya tidak kuat menyusu alias malas, berat badan rendah di bawah rata-rata, tubuhnya membiru saat terjadi shock jantung. Paling sering, bayi yang mengalami jantung bawaan yakni lahir prematur. Karena organ jantungnya belum memiliki kemampuan untuk bekerja dengan sempurna,” terang dr. Nuvi.

Karenanya, orangtua harus waspada dan melakukan pemeriksaan jantung terhadap sang buah hati. Kalau terdeteksi, sebaiknya lakukan langkah awal dengan pemeriksaan rutin dengan dokter.

Dokter bisa memberikan tindakan awal saat mengetahui bayi kena penyakit jantung bawaan. Tindakan ini sangat penting mengetahui perkembangan pasien yang bisa disembuhkan.

(ade)

(Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/11/14/481/1813857/kenali-ciri-ciri-penyakit-jantung-bawaan-pada-bayi-malas-menyusu-salah-satunya)

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *