Waspada! Pengidap Diabetes Melitus Berisiko Terserang Jantung

MajalahKartini.co.id – Penyakit jantung adalah kelainan yang diturunkan maupun didapat yang menyebabkan kerusakan pada jantung. Kelainan itu bisa terjadi di selaput jantung (perikard), otot jantung (miokard), katup jantung, irama jantung dan yang terbanyak penyakit jantung koroner atau penyakit akibat tersumbatnya aliran darah yang memberikan makanan ke jantung.

Salah satu penyebab seseorang bisa menderita sakit jantung adalah penyakit Diabetes Melitus (disingkat Diabetes). Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana hubungan sakit jantung dan diabetes, Redaksi berkesempatan menemui dr Yudistira Panji Santosa SpPD-KKV., M.Kes., FAPSIC., FICA., FINASIM, spesialis jantung dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang. “Diabetes atau kencing manis dapat membuat kelainan pada berbagai organ maupun sistim tubuh. Salah satu sistim tubuh yang sering terkena dan berakibat fatal adalah sistim kardiovaskuar (jantung dan pembuluh darah),” ujarnya.

Kelainan itu disebabkan akibat stres oksidatif dari keadaaan gula yang meningkat dan mengakibatkan iritasi dari endotel (selaput dalam) pembuluh darah dan mengakibatkan terjadinya plak aterosklerosis atau sumbatan di pembuluh darah.
Pembuluh darah yang terkena dapat terjadi di semua organ tubuh seperti pembuluh darah di otak, mata, ginjal, kaki dan yang fatal dapat terjadi di pembuluh darah jantung. Sumbatan yang terjadi jika makin bertambah maka akan menyebabkan gejala dan tanda pada tubuh manusia. Gejala dan tanda yang terjadi, seperti: nyeri dada saat aktifitas, sesak nafas, mudah lelah dan terbangun pada malam hari karena sesak atau batuk.

Kerusakan dapat juga terjadi pada syaraf yang mengatur irama jantung, sehingga irama jantung menjadi tidak teratur bahkan dapat terjadi henti sejenak dari irama jantung. Selain itu dapat mengakibatkan ketidaksesuaian irama. Respon dari ketidaksesuaian irama inibisa mengakibatkan penderita berdebar-debar, hilang pandangan mendadak, pingsan maupun kejang-kejang. (Foto: Dailymail)

(majalahkartini.co.id/keluarga-karier/kesehatan/waspada-pengidap-diabetes-melitus-berisiko-terserang-jantung/)

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *