Gaya Hidup Sehat Bersama RS Awal Bros

Sejauh mana tingkat kepedulian warga pada kesehatan? Ketika taraf hidup warga meningkat apakah serta merta tingkat kesehatan juga meningkat? Gaya hidup dan pola makan yang serba modern,  apakah menjamin menurunnya jumlah pasien di rumah sakit? Tidak. Bekasi sebagai kota penyangga ibukota,  dengan jumlah penduduk yang terus meningkat serta gaya hidup mendekati kota metropolitan membawa dampak besar. Penyakit yang dulu di derita manula kini sudah menjangkiti orang muda usia produktif. Penyakit jantung koroner yang dulu hanya di derita orang usia 60 tahun ke atas,  kini sudah menjangkiti orang berusia 30 tahunan.

Karena itulah sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat Bekasi Timur khususnya dan Bekasi pada umumnya,  RS Awal Bros hadir untuk turut membantu pemerintah meningkatkan taraf kesehatan warga Bekasi dan sekitarnya. Tanggal 1 November 2017 Rumah Sakit Awal Bros (RS Awal Bros) yang merupakan jaringan rumah sakit swasta nasional membuka cabang rumah sakit baru di wilayah Bekasi Timur. Acara dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Bekasi, Bpk Rahmat Effendi, manajemen RS, dokter jantung, perwakilan perusahaan rekanan, masyarakat hingga blogger dan media. Pembukaan RS Awal Bros di Bekasi Timur ini merupakan langkah nyata rumah sakit dalam membuktikan komitmennya untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat di wilayah penyangga ibu kota dan kota-kota besar luar provinsi.

walikota

Bpk Walikota, Rahmat Effendi

Acara dibuka oleh kata sambutan Bpk Walikota yang menjelaskan bahwa Bekasi sudah mempunya Kartu Sehat untuk warganya. Masyarakat tidak perlu takut berobat ke RS Awal Bros karena tidak ada biaya. Gunakan saja KS dan pasien akan ditempatkan di ruang inap kelas 3. Bpk Walikota juga berterima kasih karena dengan hadirnya RS ini membuat layanan kesehatan pada warga menjadi lebih maksimal. Warga mempunyai banyak pilihan dengan hadirnya rumah sakit ini. CEO RS Awal Bros dr. Ferdy Tiwow juga menjelaskan kehadiran RS Awal Bros di Bekasi Timur merupakan dukungan kami terhadap Pemerintah dalam meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan untuk masyarakat khususnya di wilayah Bekasi Timur.

“Kami bersyukur dan bangga hari ini RS Awal Bros memperkuat tonggak sejarah dengan hadir di wilayah Bekasi Timur. Dukungan Pemerintah Kota Bekasi dan masyarakat kepada RS Awal Bros merupakan penghargaan bagi kami. RS Awal Bros siap memberikan mutu dan pelayanan kesehatan dengan mengutamakan Keselamatan, Kenyamanan, Kepiawaian, Kecepatan, dan Keakuratan terhadap kebutuhan pasien”

Menurut Ferdy, seiring dengan kondisi ekonomi yang dinamis, kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan akan semakin meningkat, termasuk kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang semakin tinggi. RS Awal Bros melayani masyarakat di wilayah Bekasi Timur untuk menopang kehidupan di kawasan tersebut sehingga masyarakat yang tidak tinggal di kota pun mendapatkan pelayanan kesehatan yang tidak kalah dengan pelayanan rumah sakit di Jakarta.

igd2

Meja IGD

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2016 secara nasional saat ini Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 258 juta jiwa dengan ketersediaan tempat tidur sebesar 319 ribu sehingga rasionya sebesar 1,23. Namun, ketersediaan tempat tidur rumah sakit masih belum merata antar daerah. Contohnya di Jawa Barat rasio jumlah tempat tidur di rumah sakit hanya 0,84 per 1.000 orang, sementara di Jakarta sudah 2,43.

“Atas dasar inilah RS Awal Bros hadir di wilayah Bekasi Timur untuk memberikan solusi kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam memilih fasilitas kesehatan dengan sistem pelayanan yang baik dan mutu berkualitas. Hal ini didukung sumber daya profesional yang cakap di bidangnya sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan berstandar internasional, ujar Ferdy.

Takshow Jantung Sehat

talkshow

Setelah pengguntingan pita tanda diresmikannya RS Awal Bros, acara dilanjutkan dengan talkshow “Pergeseran Lifestyle dan Resiko Penyakit Jantung” . Hadir sebagai pembicara :

  1. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Manoefris Kasim Sp.JP (K), Sp.KN
  2. Spokersperson Yayasan Jantung Indonesia, Marcelino Lefrant

dr. Manofris banyak menjelaskan tentang Penyakit Jantung Koroner, penyakit pembunuh nomor 1 di Indonesia. Gaya hidup tidak sehat, merokok, kurang atau bahkan tidak olahraga sama sekali, pola tidur yang salah, serta tingkat stres yang tinggi, menjadi penyebab semakin mudanya usia penderita PJK, termasuk segala jenis penyakit jantung. Gejala awal sakit jantung sebenarnya mudah, ditandai dengan keringat dingin, dada berdegup lebih kencang, mudah lelah, dan sakitnya menjalar ke seluruh dada. Ketika gejala sudah mulai terlihat, dr Manofris menyarankan untuk segera medical check up ke RS terdekat, salah satunya di RS Awal Bros yang sudah memiliki fasilitas lengkap untuk perawatan jantung.

talksow

Dunia entertainment adalah dunia kerja dimana jam kerja, pola makan dan pola tidur tidak menentu. Jika tidak pintar me-manage seorang artis akan mudah menderita penyakit jantung. Marcelino salah satunya. Artis yang pernah menderita sakit jantung ini pernah mengalami penyempitan pada pembuluh darah sehingga memerlukan beberapa perawatan. Marcelino banyak menceritakan pengalamannya ketika terkena serangan jantung tersebut. Acara semakin seru karena ternyata ada sesi praktek dimana dokter memberikan contoh bagaimana penanganan pertama jika ada orang yang terkena serangan jantung. Di harapakan ke depannya semakin banyak orang yang peduli pada kesehatan dan segera mengantisipasi jika medical check up menunjukkan hasil negatif.

Fasilitas RS Awal Bros

Sebagai rumah sakit dengan sistem pelayanan internasional RS Awal Bros mempunyai beberapa fasilitas, antara lain :

  1. Persalinan, lengkap denagn ruang bersalin, konsultasi dokter, kamar bayi, hingga ruang konsultasi lengkap dengan desain ruangan yang khs anak-anak.
  2. Radiologi, lengkap alat mamografi CT Scan
  3. IGD 24 Jam, dengan kamar dan tempat tidur berwarna hijau
  4. Fasilitas kamar dengan beraneka macam kelas perawatan.

Standar Profesionalistas RS Awal Bros 

RS Awal Bros sudah berhasil mendapatkan akreditasi dari Joint Commission International (JCI). Di Indonesia hanya terdapat 14 rumah sakit swasta yang telah mendapatkan akreditasi JCI dan empat diantaranya dimiliki oleh RS Awal Bros dimana grup rumah sakit ini memiliki jumlah akreditasi JCI terbanyak di Indonesia. Dengan JCI ini, RS Awal Bros menunjukkan keunggulan dan pengalaman dalam menerapkan pelayanan prima yang mengutamakan keselamatan pasien berdasarkan standar internasional.

igd

COO RS Awal Bros Leona Karnali menjelaskan peningkatan standar mutu rumah sakit tidak akan berhenti walaupun RS Awal Bros telah meraih akreditasi internasional, sehingga mutu pelayanan bagi pasien dan juga masyarakat harus terus dijaga dan ditingkatkan.

RS Awal Bros telah terakreditasi JCI bahkan telah mempertahankan status akreditasi ini sejak tahun 2014. Pencapaian ini merupakan prestasi dan komitmen RS Awal Bros dalam menciptakan Continous Quality Improvement dimana pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit menjadi hal yang paling utama, ujar Leona

Leona menjelaskan, JCI adalah pelaksana akreditasi layanan kesehatan berdasarkan standar internasional yang dikenal sangat ketat dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan dan perawatan kesehatan terutama keselamatan pasien. RS Awal Bros fokus terhadap kenyamanan dan keselamatan pasien mulai dari pasien masuk rumah sakit, bertemu dengan dokter, memperoleh obat, hingga kenyamanan dan keamanan untuk keluarga pasien.

alat

Saat ini RS Awal Bros memberikan layanan kesehatan melalui 11 rumah sakit yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia diantaranya Batam, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Pekanbaru, Tangerang, Jakarta, Makassar, Ujung Batu, Panam dan Palangka Raya (coming soon). Rumah sakit yang telah mendapatkan akreditasi JCI berada di wilayah Tangerang, Bekasi, Batam dan Pekanbaru.

Hal ini juga didukung data Kementerian Kesehatan yang menyatakan dari 2.598 rumah sakit di Indonesia, sebanyak 777 rumah sakit telah terakreditasi secara nasional, yang terdiri dari 327 rumah sakit Pemerintah dan 450 rumah sakit swasta dan yang lebih membanggakan, sebanyak 24 rumah sakit di Indonesia telah terakreditasi secara internasional

“Mendapatkan akreditasi JCI adalah proses yang panjang, namun hal ini merupakan value yang bermanfaat. Hal ini pada akhirnya dapat menciptakan kepuasan masyarakat terhadap RS Awal Bros sehingga menciptakan trust masyarakat kepada kami sebagai bagian dari pelaku industri pelayanan kesehatan di Indonesia, jelas Leona.

mamografi

Leona menambahkan, memasuki era globalisasi RS Awal Bros siap untuk bersaing dengan rumah sakit di luar negeri. Rumah sakit kami, khusus mengembangkan bidang jantung agar pasien jantung dapat segera ditangani, dapat menjalankan kateterisasi jantung dan juga intervensi jantung koroner (PCI) tanpa harus keluar negeri.

Semoga dengan hadirnya RS Awal Bros di Bekasi Timur, kesehatan masyarakat akan semakin lebih baik dan kepedulian warga semakin meningkat untuk melakukan pencegahan daripada mengobati.

 

(Sumber: http://www.kikihandriyani.com/)

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *