RS Awal Bros Kini Hadir di Bekasi Timur

Halo teman-teman di Bekasi, sudah tahu belum jika kini ada rumah sakit baru yang hadir untuk melayani warga Bekasi dan sekitanya?

Jadi kemarin, pada tanggal 1 November 2017 ini, RS Awal Bros Hospital Group secara resmi kembali melakukan grand opening untuk rumah sakit Awal Bros yang baru di Bekasi Timur. Dimana Rumah sakit Awal Bros yang baru ini terletak di jalan HM. Joyomartono RT.003/RW.21, Kec. Bekasi Timur Kota Bekasi, berada persis disamping BTC Mall dan hanya sekitar 100 meter dari Exit Tol Bekasi Timur.

Dan Saya sangat berutung diundang untuk menghadiri acara grand launching Rumah Sakit Awal Bros di Bekasi Timur ini karena mendapatkan banyak informasi penting, pengalaman menarik dan bisa melihat lebih dekat rumah sakit yang namanya memang sudah tersohor ini.

Seperti apa keseruan acara grand launching RS. Awal Bros di Bekasi Timur yang saya ikuti kemarin? Mari dilanjut bacanya, pastinya ada banyak info menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Grand Opening RS. Awal Bros Bekasi Timur

Acara diawali dengan pembacaan doa oleh perwakilan dari RS. Awal Bros Bekasi Timur. Lalu dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Arfan Awaloeddin selaku CEO Rumah Sakit Awal Bros. mengucapkan syukur karena rumah sakit ini sudah berdiri dan sudah siap melayani masyarakat di Kota Bekasi Timur.

Dan ternyata ini Rumah sakit Awal Bros yang kedua di Kota Bekasi. Kehadiran rumah sakit ini hadir seiring dengan pertumbuhan kondisi ekonomi yang dinamis di Kota Bekasi. Awal Bros merasa sangat senang berinvestasi di Kota Bekasi, selain itu kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan akan semakin meningkat, termasuk kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang semakin tinggi. RS Awal Bros melayani masyarakat di wilayah Bekasi Timur untuk menopang kehidupan di kawasan tersebut sehingga masyarakat yang tidak tinggal di kota pun bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima dan tidak kalah dengan pelayanan rumah sakit di Jakarta.

Rumah Sakit Awal Bros Hospital Group atau yang kini lebih dikenal dengan Awal Bros pada awalnya hadir di RS Awal Bros Pekanbaru pada tahun 1998. Lalu seiirng waktu terus bertumbuh dan merambah ke kota lian, dan sampai dengan saat ini, Awal Bros telah memiliki 11 Rumah Sakit yang terletak di Batam, Bekasi, Makassar, Pekanbaru, Tangerang, Ujungbatu dan Panam – Riau, Jakarta.

Selain itu, ternyata Awal Bros juga memiliki klinik di kawasan industri Cikarang & Karawang CMC Clinic dan Rumah Bersalin, Klinik Spesialis Kulit dan Estetika Harmonia di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Makassar dan Pekanbaru, Laboratorium Klinik Westerindo dan jasa evakuasi medis darat dan udara 24Medicare.

Bahkan ternyata RS Awal Bros sudah mendapatkan akreditasi dari Joint Commission International (JCI). Dimana akreditasi JCI ini tidak semua rumah sakit memilikinya, dan ternyata di Indonesia sendiri hanya terdapat 14 rumah sakit swasta yang telah mendapatkan akreditasi JCI dan empat diantaranya dimiliki oleh RS Awal Bros dimana grup rumah sakit ini memiliki jumlah akreditasi JCI terbanyak di Indonesia.

Dan untuk mendapatkan akreditasi JCI ini, tentu saja bukan hal yang mudah dan ini membutuhkan proses yang panjang. Namun nyatanya RS Awal Bros mampu menunjukkan keunggulan dan pengalaman dalam menerapkan pelayanan prima yang mengutamakan keselamatan pasien berdasarkan standar internasional sehingga bisa mendapatkan akreditasi ini, Ikut bangga!

RS Awal Bros selalu berusaha dan menjujung tinggi prinsip profesional care yaitu RS Awal Bros siap memberikan mutu dan pelayanan kesehatan dengan mengutamakan Keselamatan, Kenyamanan, Kepiawaian, Kecepatan, dan Keakuratan terhadap kebutuhan pasien.

Dan diakhir sambutannya, Bapak Arfan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua perusahaan mitra dan semua pihak terkait, termasuk media sudah turut serta mendukung RS Awal Bros selama ini, dan berharap semua dukungan dan kerjasama ini terus berlanjut demi meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Bahkan untuk tahun 2018 mendatang, Pemerintah Bekasi sudah mengalokasikan dana sekitar 185 milliar untuk menjamin masyarakat yang sakit untuk 600 ribu keluarga khusus kelas 3 yang masuk di rumah sakit swasta atau rumah sakit pemerintah. Jadi rumah sakit tidak perlu takut untuk melayani mereka yang menggunakan Kartu Sehat, pemerintah Bekasi pasti akan membayarnya dengan cepat.Selanjutnya ada sambutan dari Bapak Walikota Bekasi yaitu Bapak Rahmat Effendi. Dalam sambutannya Beliau menuturkan bahwa kehadiran RS. Awal Bros ini bisa menjadi pilihan bagi warga Bekasi Timur untuk berobat sehingga. Untuk itu kehadiran RS Awal Bros diharapkan bisa melayani masyarakat dengan baik, termasuk bagi mereka yang menggunakan kartu sehat.

Bapak Rahmat Effendi juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran RS Awal Bros yang sudah hadir di Bekasi Timur semoga bisa menjadi rumah sakit yang selalu mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan semoga menjadi amal ibadah.

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Sehat kepada perwakilan masyarakat Bekasi Timur yang diserahkan oleh Bapak Rahmat Effendi, Bapak Arfan dan para Jajaran dari Rumah Sakit Awal Bros.

Acara selanjutnya yaitu acara prosesi pemotongan pita oleh Bapak Rahmat Effendi yang didampingi oleh Bapak Arfan dan segenap Jajaran Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur yang dilanjutkan dengan proses penandatangan prasasti oleh Bapak Rahmat Effendi yang menandakan bahwa Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur ini secara resmi sudah dibuka untuk masyarakat umum.

Talk Show Penyakit Jantung

Acara selanjutnya adalah Talkshow bersama dr. Manoefris Kasim Sp.JP(K), Sp.KN, FIHA, FACC, FASCC, yang merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, serta sebagai Kedokteran Nuklir. Selain itu tampak hadir juga Mas Marcelino Lefrandt yang merupakan seorang aktor yang juga saat ini menjadi Duta Yayasan Jantung Indonesia yang mengkat topik bertajuk “Pergeseran Lifestyle dan Resiko Penyakit Jantung”.

Talkshow tentang Penyakit Jantung – Doc. Mas Dede

Topik ini sengaja diangkat karena penyakit jantung merupakan salah satu dari Penyakit Tidak Menular yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia belakangan ini. Untuk itu, saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan meminta masyarakat untuk waspada terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes dan jantung mengingat penyakit ini terus meningkat 20 persen setiap tahunnya.

Sebagai bagian dari pelaku industri layanan kesehatan di Indonesia, Rumah Sakit Awal Bros yang merupakan jaringan rumah sakit swasta nasional memiliki tanggung jawab untuk mendukung Pemerintah dalam melakukan pencegahan dan pengendalian faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Maka digelarlah talkshow ini.

Pada kesempatan talkshow ini bahasannya lebih menyoroti tentang penyakit jantung koroner. Meski pada kenyatannya penyakit jantung ada berbagai macam jenisnya. Namun penyakit jantung koroner sengaja diangkat mengingat penyakit ini paling sering dialami oleh masyarakat.

Dimana penyakit jantung koroner ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner. Dimana plak merupakan penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah sehingga mempersempit ruang arteri.

Dan yang menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau riwayat keluarga, faktor usia (<40 tahun), gender (kebanyakan terjadi pada pria), merokok, dislipidemia (gangguan lipid), hipertensi (darah tinggi), dan diabetes (kencing manis).

Namun, faktor risiko pada usia 28 – 72 tahun, ternyata merokok merupakan angka dengan persentase tertinggi seseorang bisa terkena penyakit jantung, yaitu sebesar 68%, selanjutnya hipertensi 50,5% dan juga disebabkan riwayat keluarga serta karena stres.

Dan untuk penyakit jantung ini, perlu diwaspadai jika sudah merasakan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Angina Stabil (Nyeri Dada Stabil) yaitu sebuah gejala dimana rasa nyeri pada dada seperti tertindih, atau hanya timbul pada saat bekerja, selain itu juga  bisa dipicu oleh olahraga yang terlalu berat, stres, masalah pencernaan, atau kondisi medis lain yang mendorong jantung bekerja lebih keras, bahkan cuaca dingin juga bisa menjadi salah satu pemicu gejala angina terjadi. Kondisi ini akan berlangsung sekitar 2-5 menit dan biasanya akan membaik setelah beristirahat atau diberi obat. 
  • Angina Tidak Stabil (Nyeri  Dada Tidak Stabil) yaitu suatu kondisi dimana rasa nyeri pada dada seperti tertindih dan kadang menjalar yang timbul pada saat istirahat yang biasanya berlangsung lebih dari 20 menit. Kondisi ini biasanya tidak akan kunjung membaik meski setelah beristirahat atau mengonsumsi obat. Untuk itu sebaiknya segera harus ditangani oleh tim medis.
  • Infark Jantung yaitu suatu keadaan dimana rasa nyeri pada dada yang menjalar ke dada kiri, leher, dan rahang. Biasanya berlangsung selama 20 menit – 1 jam. Rasa nyeri tidak ada hubungannya dengan aktivitas fisik. Keluhannya disertai keringat dingin, mual, dan muntah. Untuk lebih jelas diagnosisnya, biasanya dilakukan pemeriksaan enzim jantung dan EKG.

Jika melihat gejala penyakit jantung di atas tentu membuat kita menjadi was-was, untuk itu sebaiknya kita menghindarinya. Dan berikut ini adalah tips agar terhindar dari penyakit jantung koroner yaitu sebagai berikut:

  • Ciptakan pola makan sehat yaitu dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi, hindari juga makanan dengan kandungan gula yang tinggi, asin atau asam serta jangan tertalu banyak mengkonsumsi karbohirat.
  •  Jangan merokok karena rokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan jantung. 
  • Hindari stress karena di saat itu tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, dan juga hormon norepinephrine yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah atau hipertensi.
  •  Jaga berat badan jangan sampai obesitas, karena kelebihan berat atau obesitas akan meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak.
  • Lakukan oahraga secara teratur seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Dan melalui acara talkshow ini, saya juga baru tahu jika ternyata Mas Marcelino Lefrandt, yang merupakan seorang aktor dan atlet beladiri yang memiliki tubuh yang atletis, rajin berolahraga, dan selalu tampil keren ini ternyata bisa terkena penyakit jantung juga.

Sekitar dua tahun yang lalu, berat tubuh Mas Marcelino ini sempat mengalami kenaikan bobot tubuhnya, hal itu dipicu oleh kurangnya berolahraga, pola makan yang berantakan, dan waktu bekerja yang tidak menentu, istirahat tidak teratur.

Namun Mas Marcelinocepat menyadari hal tersebut dan langsung menerapkan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan sehat dan juga melalui olahraga yang teratur, sehingga dalam waktu kurang dari tahun berhasil menurunkan 10kg berat badannya dari yang sebelumnya 85kg. Wah patut dicontoh nih. 🙂

Perubahan pola hidup Mas Marcelino ini menjadi perhatian ayahnya dan kebetulan ayahnya seorang dokter jantung. Dari Ayahnya, Mas Marcelino disarankan untuk memeriksakan kesehatannya. Namun saat itu Mas Marcelino merasa yakin bahwa gaya hidupnya sudah sehat dan tidak merasa ada sakit apapun, bahkan hasil cek tekanan darah dan echo jantungnya pun semuanya normal. Tetapi saat tes treadmill, barulah hasil tesnya menunjukkan bahwa ada gejala abnormal, dimana hasil dari MRI ternyata memang ada penyumbatan pembuluh darah di bagian jantung sebelah kiri.

Untuk menghindari hal-hal yang lebih fatal dikemudian hari, maka Mas Marcelino pun akhirnya memutuskan untuk melakukan serangkaian proses yang disarankan oleh dokter, termasuk akan melakukan operasi pemangsan ring. Namun pada akhirnya dokternya justru membatalkan operasi pemasangan ring tersebut karena ternyata pembuluh darahnya yang menyempit yang dialami oleh Mas Marcelino ini adalah bersifat genetik, yaitu jika Mas Marcelino dalam kondisi stres, punya banyak beban pikiran, atau melakukan olahraga secara berlebihan maka pembuluh darahnya otomatis mengalami penyempitan/ terjepit.

Ternyata meski kita  sudah menjalani gaya hidup sehat sekali pun, kita tetap harus rutin memeriksakan kesehatan secara teratur, karena seperti yang diungkapkan oleh Mas Marcelino bahwa meski kita sudah melakukan hidup sehat, tapi kita tidak tahu bagaimana kondisi organ tubuh kita, banyak faktor yang bisa menyebabkan kita berisiko terkena penyakit jantung ini, seperti faktor usia dan genetik yang tidak bisa kita ubah. Makanya, jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan secara rutin supaya kita terhindar dari penyakit yang berbahaya dan fatal. Penyegahan lebih baik dari mengobati, penanangani lebih dini akan memberikan banyak peluang untuk sembuh.

Oh iya, jika kita menemui situasi dimana tiba-tiba ada orang yang tidak sadarkan diri di suatu tempat, seperti di mall atau ruang publik lainnya. maka kita harus memberikan pertolongan pertama, dimana caranya sebagai berikut:

  • Pindahkan orang tersebut di tempat yang aman jika memungkinkan
  •  Lakukan pemeriksaan kesadaran dengan cara tepuk bahunya atau panggil namanya
  •  Jika tidak bangun atau tidak sadar juga maka coba memberitahukan ke orang sekitar.
  •  Lakukan pemeriksaan nafas dan nadi, cek nafas dari hidung dan mulutnya, dan pemeriksaan nadi dengan menempelkan tiga jari kita pada leher atau tangan.
  • Jika tidak ada denyut, maka lakukan kompresi di tengah rongga dada sedalam 5 cm, tidak boleh lebih dari 6 cm.
  • Lakukan kompresi terus menerus hingga mencapai 100  – 120 kali tekanan tiap menit, sampai pertolongan medis datang.

Tour Hospital Awal Bros Bekasi Timur

Usai mengikuti acara Talkshow tentang kesehatan jantung di atas, maka selanjutnya para media dan blogger diberikan kesempatan oleh pihak RS. Awal Bros untuk melihat-lihat rumah sakit yang baru yang memiliki empat lantai ini melalui acara tour hospital yang dipandu langsung oleh pihak RS. Awal Bros Bekasi Timur.

Tidak lupa saya ucapkan selamat atas kehadiran RS. Awal Bros yang baru di Bekasi Timur, semoga rumah sakit ini bisa menjadi rumah sakit yang bisa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat. Aamiin…Sungguh acara tour hospital ini sangat menyenangkan, karena saya bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan bisa mendapatkan gambaran tentang berbagai fasilitas yang ada di sini.Dari acara tour ini, kami bisa melihat lebih dekat beberapa fasilitas dan ruangan perawatan rumah sakit, ataupun ruangan dokter yang ada di rumah sakit ini. Mulai dari ruang IGD 24 jam, Ruang Radiologi, Ruang Medical Check Up (MCU), Ruang Dokter, kamar Super VIP, VIP, dan kamar Kelas 1, Kamar Bayi dan ruang-ruang lainnya.

Menyelusuri ruangan demi ruangan, tampak terlihat bahwa rumah sakit Awal Bros di Bekasi Timur ini memiliki fasilitas medis yang sangat lengkap dan modern untuk melayani masyarakat yang datang berobat ke sini.

(Sumber: http://www.menolaklupa.web.id/2017/11/rs-awal-bros-kini-hadir-di-bekasi-timur.html?m=1)

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *