Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur Hadirkan Tempat Pelayanan Kesehatan Baru di Kota Bekasi

Bekasi. Kota ini menjadi salah satu saksi perjalanan hidupku, setelah lulus SMK Bekasi menjadi kota pertama yang aku tuju untuk mencari pekerjaan. Saat itu aku bersama beberapa teman berangkat ke Bekasi dengan tujuan bekerja di perusahaan elektronik yang disalurkan dari Badan Kerja Sekolah.

Kota asing yang benar-benar berbeda dari kota asalku Ciamis. Sebenarnya aku tidak ada cita-cita untuk bekerja di Bekasi aku berharap bisa merantau ke Jakarta sang ibukota yang menjadi tujuan perantauan orang-orang daerah, tapi jalan Alloh berkata lain, aku harus mencecap terlebih dahulu pinggiran kota Jakarta yaitu Bekasi.

Kurang lebih 4 tahun aku menjadi salah satu bagian dari kota Bekasi, beberapa kali beralih tempat kosan dari mulai tambun, cibitung, lalu ke Bekasi barat. Tempat kerjapun beberapa kali berpindah, cibitung, tambun lalu ke Cikarang. Selain kerja aku juga meneruskan kuliah di Bekasi, aku bertekad harus bisa lulus kuliah dan mendapatkan perkerjaan yang lebih baik.

Tahun 2013 setelah lulus kuliah aku mendapatkan pekerjaan baru di Jakarta dan resmilah aku berpindah ke ibukota dan menjadi bagian dari hiruk pikuk kota Jakarta sampai saat ini. Setelah tinggal di Jakarta aku jarang berkunjung ke Bekasi, hanya sesekali saja saat ada acara penting, dan voila sekarang Bekasi sudah berubah menjadi kota yang cantik. Banyak apartemen dan juga pusat perbelanjaan yang sudah dibangun, beberapa gedung barupun menghiasi kita Bekasi salah satunya dibangun Rumah Sakit Awal bros Bekasi Timur.

Bekasi, 01 November 2017 aku dan beberapa teman blogger menghadiri Grand Opening Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur yang berlokasi di Jln Jl. HM. Joyomartono RT.003/RW.21, Kec. Bekasi Timur Kota Bekasi samping Hypermart BTC Bekasi Timur.

Rumah Sakit Awal Bros ternyata Rumah sakit yang didirikan oleh anak bangsa berasal dari Pekanbaru yaitu Bpk Awaloedin, sebelumnya di Bekasi sudah berdiri RS awal bros di daerah Bekasi barat, dan alhmdulillah sekarang bisa bertambah di Bekasi timur.

Hadir di acara Grand Opening Bpk. Rahmat Efendi Walikota Bekasi dan juga beberapa tamu undangan dari perusahaan mitra Rs Awal Bros.

Acaranya berjalan lancar, sebelum peresmian Rumah sakit Bpk. Walikota Bekasi menyampaikan bahwa dari pemerintah kota Bekasi sangat mendukung program penyediaan fasilitas umum seperti infrastruktur rumah sakit, dan pemkot Bekasi akan mempermudah perizinan pembangunan fasilitas umum di kota bekasi. Pemerintah kota Bekasi juga sudah menyediakan kartu sehat bagi masyarakat Bekasi yang memerlukan.

Selanjutnya Prosesi simbolis berupa guning pita dilakukan oleh Bpk Rachmat Effendi dan CEO RS Awal Bros dr. Ferdy Tiwow.

Acara selanjutnya adalah talkshow dengan tema Pergeseran Lifestyle dan Risiko Penyakit Jantung. Menghadirkan narasumber Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Manoefris Kasim Sp.JP (K), Sp.KN dan juga Spokesperson Yayasan Jantung Indonesia, Marcelino Lefrant.
Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan meminta masyarakat untuk waspada terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes dan jantung mengingat penyakit ini terus meningkat 20 persen setiap tahunnya. Ironisnya, penyakit tidak menular seperti jantung menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

Data Kementerian Kesehatan melalui Survey Sample Registration System (SRS) tahun 2014 menunjukkan bahwa penyakit jantung kini menjadi penyebab kematian tertinggi. Bahkan, sekitar 12,9 persen kematian di Indonesia, diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menurut Dr. Manoefris Faktor genetik, usia, merokok dan hipertensi bisa menjadi faktor pemicu penyakit jantung koroner. Hipertensi sendiri disebut silent killer karna penderita tidak merasakan gejala yang berarti sehingga penderita tidak menyadari penyakitnya.

Marcellino lefrant juga berbagi pengalamannya pernah mengalami penyakit jantung sekitar 2015, sejak saat itu marcellino menerapkan pola hidup sehat dengan makan-makanan yang sehat, tidak merokok dan juga rajin berolahraga.

Dr. Firman dari Rs Awal Bros memberikan beberapa tips untuk menangani pasien yang tidak sadarkan diri :

  • Pastikan denyut nadi di pergelangan tangan dan bagian leher
  • Pastikan apakah pasien masih bernafas atau tidak
  • Apabila pasien masih bernafas dan denyut nadi masih terasa tetapi pasien tetap tidak sadarkan diri, segara lakukan pump pada bagian dada sebelah kiri
  • Lakukan terus-menerus dengan posisi tangan lurus, sampai tiba pertolongan dari bagian medis
Nah setelah talkshow dan tips menangani pasien yang tiba-tiba pingsan kami diberi kesempatan untuk mengikuti Hospital Tour. Kami melihat beberapa ruangan seperti ruang check up, ruang rawat inap, ruang rawat inap VIP,  ruang anak dan juga banyak tempat lainnya.

Ruang Igd
Ruang bayi
Ruang Obgyn – Usg 4D

Nah ini pengalamanku saat mengunjungi Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, semoga dengan lebih banyaknya infrastruktur rumah sakit bisa melayani masyarakat dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama di kota Bekasi.

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *