Yeay! RS Awal Bros Kini Hadir di Bekasi Timur

Jakarta, Jakarta dan Jakarta. Aku kasian sekali jika mendengar orang sakit dari pinggiran Jakarta atau dari luar Jakarta bahkan ada yang dari Luar Jawa, sakit lalu harus periksa atau rawat di rumah sakit di Jakarta. Buktinya sampai adik iparku yang rumahnya bukan di Jakarta melahirkan 2 kali semuanya maunya melahirkan di Jakarta.  Hemmmm…..

Sungguh butuh tenaga dan dana yang sangat besar. Seolah hanya di Jakarta rumah sakit tercanggih dan terlengkap. Padahal sebenarnya banyak rumah sakit yang tak kalah bagus pelayanannya dan tak kalah canggih alat alat medisnya daripada Jakarta juga banyak,  hanya saja kalau kita mau buka mata banyak sekali.

Seperti RS.  Awal Bros yang sudah tersebar di beberapa kota seperti Batam, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Pekanbaru, Tangerang, Jakarta, Makassar, Ujung Batu dan Panam. Awal Bros adalah rumah sakit yang telah mendapatkan akreditasi dari Joint Commission International (JCI).

Eh Tau gak JCI itu apa?  JCI itu pelaksana akreditasi layanan kesehatan berdasarkan standar internasional yang dikenal banget sangat ketat dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan dan perawatan kesehatan terutama keselamatan pasien. It means… You know lah yaa RS Awal Bros rumah sakit yang tak boleh diragukan lagi.

Nah RS Awal Bros ini fokus terhadap kenyamanan dan keselamatan pasien mulai dari ketika pasien masuk rumah sakit, bertemu dengan dokter, memperoleh obat, hingga kenyamanan dan keamanan untuk keluarga pasien. Hemmm penting banget ini.  Karena selama ini kita sering dengar pelayanan kesehatan yang tidak mengenakkan.

Karena saat ini kondisi ekonomi yang dinamis, kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat, termasuk kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang semakin tinggi.  Belum lagi gaya hidup yang makin komplek manusia jaman sekarang, sehingga berbagai penyakitpun  muncul lebih mudah pada seseorang.

1 November 2017RS Awal Bros di Bekasi Timur resmi dibuka langsung oleh wali kota bekasi Rahmat Effendi. Untung walikotanya baik,  jadi warganya bisa mendapatkan pelayanan kesahatan yang baik pula dengan adanya rumah sakit baru Awal bros Bekasi Timur.

Dan terutama memasuki era globalisasi saat ini,  RS Awal Bros siap untuk bersaing dengan rumah sakit di luar negeri. RS Awal Bros mengembangkan bidang jantung agar pasien jantung dapat segera ditangani, dapat menjalankan kateterisasi jantung dan juga intervensi jantung koroner (PCI) tanpa harus keluar negeri.

Iya juga yak banyak yang sakit jantung dan berobatnya ke luar Negeri.

Pergeseran Lifestyle dan Penyakit Jantung
Pernah gak lihat berita artis atau seseorang tiba tiba meninggal,  padahal masih muda sehat bugar.  Yang mengejutkan lagi ia meninggal saat olahraga.  Bukannya sering olah raga adalah gaya hidup yang bagus?  Dan setelah ditelusuri ternyata terkena serangan jantung.

Yes penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi.  Data dari Kementerian Kesehatan melalui Survey Sample Registration System (SRS) aja pada tahun 2014 menunjukkan bahwa penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi. Bahkan, sekitar 12,9 persen kematian di Indonesia, diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.

Maka tak heran jika kemudian Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan meminta masyarakat untuk waspada terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes dan jantung mengingat penyakit ini terus meningkat 20 persen setiap tahunnya.

Pada acara Grand Opening RS Awal Bros ini juga diadakan pula talkshow jantung bertema “Pergeseran Lifesyle dan Penyakit Jantung”  Karena sekarang gae penyakit jantung tidak hanya menyerang orang tua,  tapi siapapun kapanpun tergantung gaya hidup dan genetiknya.

Seperti Marcellino Leftrant,  yang nampaknya dia sehat bugar rajin olah raga,  ia juga sempat dinyatakan harus pasang ring di jantungnya. Untungnya perawatan dan penanganan lebih awal membuatnya tak harus pasang ring.

Manoefris Kasim Sp.JP(K), Sp.KN, FIHA, FACC, FASCC, yang merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, serta Kedokteran Nuklir pada acara ini kemudian membedah melalui dialog ringan tentang penyakit jantung.

Genetik merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung koroner. Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner yakni : Usia,  Gender, Merokok, Dislipidemia, (gangguan lipid) Hipertensi (darah tinggi) dan Diabetes (kencing manis)

Nah untuk menghindari resiko penyakit jantung maka perlu sekali memperhatikan gaya hidup kita.  Mulai dari jal hal kecil seperti terus bergerak setiap hafi,  makan sayur cukup tidur cukup dan olah raga secukupnya tidak berlebihan.

Lantas apa yang harus kita lakukan jika orang awam seperti kita tiba tiba ada orang disekitar kita pingsan?  Kan ditakutkan serangan jantung.

Dokter melalui Marcelino leftran memberikan simulasinya jika orang sekitar serangan jangung yaitu dengan

Pertama yang harus dilakukan adalah baringkan pasien serangan jangung dan melakukan pengecekan kesadaran. Caranya dengan menepuk pundak korban dan memanggil nama atau sebhtannya.

Kedua,  cek urat nadi di tangan atau di leher untuk mengetahui kesadaran korban.

Ketiga:  Lakukanlah resusitasi jantung paru. Caranya tekan tekan dada dada dan bantuan napas. Penekanan ini dilakukan dengan prinsip tekan kuat, tekan cepat. Untuk memaksimalkan efektivitas penekanan dada.  Hem gitu ya caranya…

Trus korban harus berada di tempat yang rata. Pihak yang menolong berlutut di samping korban dan meletakkan pangkal telapak tangan di tengah dada korban dan meletakkan tangan yang lain di atas tangan yang pertama dengan jari-jari saling mengunci dan lengan tetap lurus. Lakukan ini sebanyak 30 kali Membuka jalan napas korban dengan teknik menegadahkan kepala dan mengangkat dagu.

Keempat bisa dengan memberi napas bantuan 2 kali masing-masing sekitar 1 detik melalui mulut ke mulut atau menggunakan pelindung wajah.

Itu dia gaes kabar rumah sakit baru dengan segala kelebihannya dan bagaimana agar kita bisa meminimalisir faktor penyakit jantung. Karena ingat sekitar 12,9 % kematian di Indonesia, diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. Dan RS Awal Bros bekasi timurini sangat membawa solusi untuk Indonesia.

(Sumber: http://www.farichatuljannah.com/2017/11/yeay-awal-bross-kini-hadir-di-bekasi.html)

Categories: Grup RS Awal Bros and Media Clipping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *