Benarkah Konsumsi Suplemen Cegah Penuaan Dini?

Untuk menunjang aktifitas yang tinggi, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup. Tak hanya berasal dari asupan makanan saja, tambahan suplemen bisa membantu tubuh untuk selalu fit dan segar. Apalagi, jika kebutuhan vitamin atau zat-zat lain yang tak bisa didapatkan dari makanan secara maksimal.

“Suplemen adalah bahan ekstrak dari bahan alami dengan efek samping semininal mungkin. Bahkan, bisa juga tidak ada, kalau pun ada sangat-sangat kecil,” kata dr. Brain Gantoro, SpGK, Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Bahan-bahan alami yang dilakukan ekstraksi tersebut biasanya karena bahan-bahan tersebut tidak dimakan secara secara langsung. Sehingga butuh ekstraksi, sehingga hasil akhirnya berbentuk pil, kapsul, hingga tablet. Bahkan dibentuk dalam bentuk gel, bahan alami yang dipekatkan atau dikentalkan.

Untuk usia sobat yang penuh aktivitas tinggi, sangat butuh suplemen makanan yang cukup tinggi. Sehingga, dibutuhkan suplemen makanan yang alami-alami, agar terhindar dari penuaan dini.

“Penuaan dini itu biasanya terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Bisa dilihat dari mulai dibutuhkannya kaca mata baca, rambut memutih, pengeroposan tulang hingga kulit. Tapi kalau sejak usia sobat tidak diasup dengan yang alami. Maka setelah masa sobat terlewati, akan mengalami penuaan dini lebih cepat,” ujar dr Brain.

Suplemen makanan alami yang baik diusia sobat yaitu makanan alami yang bewarna alami. Baik itu hewani maupun nabati. Seperti ikan salmon, udang atau kepiting yang dimasak akan berubah warna jadi merah. Atau dari nabati yang bewarna, seperti apel, stroberi, pepaya, terong belanda dan hingga buah naga merah.

Dalam bahan-bahan alami yang memiliki warna mencolok inilah yang baik untuk generasi sobat, agar terhindar dari yang namanya penuaan dini. Seperti pada apel, yang kulitnya terdapat pro vitamin A dan bagian dalam terdapat zat besi. Maka pro vitamin A akan menutupi oksidasi pada apel tersebut.

Tips Memilih Suplemen
1. Saat sakit, pilih suplemen makanan yang berlevel tinggi. Bisa berbentuk ekstrak.
2. Jika kondisi lebih parah, imbangi dengan bahan alami seperti pisang dan ekstrak bahan alami lain.
3. Untuk kondisi bugar pilih vitamin C untuk daya tahan tubuh. Seperti stroberi, jeruk, pepaya, tomat dan sebagainya.

SUMBER : http://batam.tribunnews.com/2017/12/06/benarkah-konsumsi-suplemen-cegah-penuaan-dini-simak-hasil-ulasannya?page=2
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *