Makin Sering Donor Darah Makin Sehat. Ini Alasannya!

Di penghujung 2017 yang tinggal menghitung hari ini, coba di flashback lagi, apakah sobat pernah melakukan donor darah? Dalam setahun berapa kali atau jangan – jangan belum pernah donor darah sama sekali.

Guys, donor darah sebenarnya tidak seseram yang kalian bayangin lho! Karena dari donor darah, kita bisa membantu sesama manusia yang membutuhkan. Dan yang paling penting, donor darah itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di antaranya tubuh terasa lebih bugar, bisa membuat awet muda, hingga membuat gairah tubuh meningkat. Dr Inarusmin, penerima lencana penghargaan dari presiden Joko Widodo karena sudah 100 kali mendonorkan darahnya mengakui besarnya manfaat melakukan donor darah tersebut.

“Karena dalam tubuh, peredaran darah akan terus berputar, maka sirkulasi darah jadi lancar dan darah akan berganti setiap 90 hari sekali. Maka sayang jika darah tersebut terbuang sia-sia,” kata dr. Inarusmin dokter unit Hemodealisa Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Setiap 90 hari atau tiga bulan, darah akan berganti baru. Sedangkan darah yang lama akan diproses dalam tubuh dan dibuang melalui segala salur pembuangan dalam tubuh. Mulai dari urin, tinja, keringat dan sebagainya.

“Di saat muda ini bagus sering donor darah, karena organ dalam tubuh masih bagus. Jantung masih baik, maka tubuh lebih aktif untuk menghasilkan darah. Tapi karena faktor umur, darah akan semakin mengental. Faktor makan seperti suka makan daging, mempengaruhi semakin banyaknya darah yang kental,” kata dr Inarusmin.

Hanya saja, tidak semua orang bisa melakukan donor darah. Sebut saja orang yang bertato tidak bisa melakukan donor darah. Itu karena untuk mengantisipasi terdapat kuman jahat dalam darah yang mungkin masuk dari jarum suntik pembuat tato.

“Sebelum donor darah, nanti akan diperiksa dulu. Kalau sudah enam bulan ke atas bertato boleh cek, kalau ada kuman-kumannya tidak bisa donor darah. Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui apakah darah mengandung kuman sifilis, HIV, hepatitis B atau hepatitis C,” ujar dr Inarusmin.

Jadi, apakah sobat tertarik untuk ikut donor darah?

TIPS Penting Sebelum Donor Darah

  • Saat takut, bayangkan keluarga kita lagi butuh darah. Posisikan ada orang yang darurat mencari darah ke sana kemari dan di PMI tidak ada stok.
  • Donor darah bisa dilakukan mulai usia 17 tahun ke atas. Berat minimal 55 kg untuk laki-laki dan 48 kg untuk perempuan.
  • Minimal tiga jam setelah makan baru bisa donor
  • Tekanan darah harus normal
  • Tekanan hemoglobin harus 12
  • Melakukan donor darah 3 bulan sekali
  • Darah akan diambil sebanyak 350 ml atau 450 ml.
SUMBER : http://batam.tribunnews.com/2017/12/27/makin-sering-donor-darah-makin-sehat-ini-alasannya
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *