Bulan Depan Digelar Operasi Bibir Sumbing dan Palate Gratis, Transportasi dan Penginapan Disediakan

Operasi gratis bagi penderita bibir sumbing dan palato akan dilangsungkan lagi di Batam. Siapapun warga Kepri dan Riau berhak mengikuti program operasi gratis bibir sumbing dan operasi palate (langit-langit mulut terbelah) yang diadakan dalam rangka bakti sosial Rising 50 Kepri-Singapura.

Bakti sosial ini dilaksanakan ata kerjasa sama Dinas Kesehatan Kota Batam, Dinkes Kepri, Kodim 0316 Batam, Konjen singapura, I.K.P.T.B, PSMTI dan RS Awal Bros Batam.

‎”Kita adakan bakti sosial ini untuk mencapai zero bibir sumbing di Kepri dan Riau. Target kami ada 60 an orang pesertanya, tapi kalau lebih pun kami justru lebih senang lagi,” ujar Ketua PSMTI Batam, Randy Tan saat konferensi pers di RS Awal Bros, Kamis (21/12/2017).

Operasi akan dilaksanakan 23-27 Januari 2018. Pihak penyelenggara pun bersedia menanggung biaya transportasi serta akomodasi dari penderita tersebut, sejak dari tempatnya berada, hingga selesai menjalani operasi.

“Selagi dari dua daerah itu (Kepri dan Riau) nanti bisa klaim transportasinya setelah register. ‎Kami memang menargetkan penderita yang datang dari pulau-pulau. Supaya mereka mendapat kesempatan untuk hidup lebih baik lagi dan tidak terhalang karena bibir sumbing,” tutur Randy Tan.

Sebelum mendapatkan operasi, penderita yang registrasi pun nantinya akan menjalani screening terlebih dahulu.

Perwakilan PERAPI, Dr. Shelly, SpBP mengatakan pihaknya menyiapkan sepuluh operator dan tiga dokter anastesi untuk melakukan proses operasi. Untuk mengikuti operasi ini, ada syarat medis yang harus dipenuhi yakni :

1. Operasi Bibir Sumbing

– Usia minimal 3 bulan

– Berat badan minimal 5 kg

– Berbadan sehat

– Berasal dari Kepri dan Riau

2. Operasi Palate

– Usia minimal 1 tahun

– Berat badan minimal 9 kg

– Tidak dalam kondisi sakit alias sehat

– Berasal dari Kepri dan Riau.

dr. Shelly menuturkan ‎untuk teknik operasi yang digunakan pun sama, tidak ada perbedaan, sesuai dengan SOP operasi bibir sumbing dan operasi palate.

“‎Kalau pasien palate, jika memang butuh rawat inap akan kita inapkan. ‎Jadi meski gratis, perawatan yang didapatkan sama saja seperti pasien biasa. Kami sangat berharap informasi ini bisa tersebar ke masyarakat luas, khususnya yang di pulau-pulau. Kebanyakan, masyarakat jarang mau datang, karena takut bahwa operasinya tidak benar-benar gratis. Kedua juga mereka ada di daerah yang jauh dari pulau-pulau,” tutur dr. Shelly.

‎‎Direktur RS Awal Bros, Dr. Widya Putri, MARS menambahkan pihaknya cukup yakin masih banyak penderita bibir sumbing dan palate di pulau-pulau di Kepri dan Riau. Hal itu, karena setiap bulannya saja, RS Awal Bros Batam selalu menerima pasien yang ingin menjalani operasi.

SUMBER : http://batam.tribunnews.com/2017/12/21/bulan-depan-digelar-operasi-bibir-sumbing-dan-palato-gratis-transportasi-dan-penginapan-disediakan?page=3
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *