Peduli Anak Indonesia, RS Awal Bros Pekanbaru Perluas Layanan Tumbuh Kembang Anak

RUMAH SAKIT Awal Bros Pekanbaru – Sudirman, akan memperkenalkan Pusat Layanan Tumbuh Kembang Anak atau Child Development Center (CDC) pada 17 Januari 2018 mendatang.

Direktur RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman, dr Nurhidayati Endah Puspita Sari MARS mengatakan, CDC akan diperkenalkan melalui event media gathering. Lewat hajatan itu, diharapkan, informasi tentang layanan tumbuh kembang anak yang dimiliki oleh rumah sakitnya dapat dipublikasikan media massa secara luas.

Layanan tumbuh kembang ini sudah ada sejak tahun 2015 di RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman. Setiap bulannya, melayani lebih dari 400 pasien. Namun saat itu, pelayanan yang diberikan masih terbatas, baik tenaga maupun waktu pelayanan.

“Saat ini terdapat beberapa perubahan atau perluasan pelayanan. Selama ini kami cuma bisa membantu mulai hari Senin sampai Jumat pada pukul 8.00 pagi sampai pukul 16.00 sore. Sekarang dengan banyaknya permintaan dari masyarakat dan jadwal yang sangat padat, kami telah mampu mengembangkan pelayanan dari pukul 8.00 pagi sampai pukul 20.00 wib, hari Senin sampai Sabtu,” jelas Endah Puspita.

Perluasan layanan tumbuh kembang anak yang dimiliki RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman, dikarenakan, jumlah terapis yang dimiliki RS Awal Bros saat ini telah memadai dengan kemampuan yang mumpuni.

Selain itu, masih banyak masyarakat yang tidak tahu akan kemana mencari terapis guna mengatasi masalah tumbuh kembang anak, turut menjadi alasan RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman lebih fokus melakukan edukasi mengenai pelayanan yang mereka miliki ini.

“Masyarakat memiliki banyak permasalahan (tumbuh kembang anak), selama ini mereka kesulitan untuk mencari pertolongan (terapis). Apalagi pasien kami juga tidak terbatas di Pekanbaru, ada yang datang dari kabupaten di Riau, di luar kota juga banyak, itu yang membuat kami berpikir, memperluas pelayanan,” terang Ita, sapaan akrabnya.

Keinginan untuk memperluas layanan ini sudah menjadi itikad oleh RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman, sejak tahun 2016 lalu. Namun karena sulitnya mencari tenaga terapis, membuat keinginan tersebut baru terlaksana sekarang ini.

Tenaga terapis yang dimiliki RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman diakui Ita tidak berasal dari Pekanbaru. Mereka mendatangkan lulusan terapis yang menempuh pendidikan di Pulau Jawa.

“Harus dari Jawa, seperti terapi wicara, itu sekolahnya tidak ada di sini dan sekolahnya itu juga lumayan lama,” terang Ita.

Perbedaan lain yang juga merupakan unggulan layanan CDC di RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman adalah dengan tersedianya dokter spesialis anak yang kompeten, yang ahli dalam bidang neurologi maupun tumbuh kembang anak.

Kolaborasi antara dokter spesialis anak, dokter rehabilitasi medik, psikolog anak, terapis perilaku, terapis wicara dan lain-lain, diharapkan mampu memberikan pelayanan yang komprehensif dan menyeluruh terhadap pasien.

Selain itu, di pusat pelayanan tumbuh kembang anak RS Awal Bros Pekanbaru – Sudirman, juga telah memberikan layanan parenting class bagi orangtua, tidak hanya untuk mereka yang berobat ke RS. Kelas itu memberikan pendidikan terhadap orangtua, agar lebih memahami pola asuh yang baik terhadap anak, bisa melihat tumbuh kembang anaknya apakah normal atau cenderung ada gangguan, serta dapat memberikan konsekuensi yang benar kepada anak sebagai umpan balik perilaku yang ditunjukkannya.

“Intinya supaya tidak salah asuh terhadap anak. Kadang-kadang kan kelainan yang terdapat pada anak itu, disebabkan oleh kelainan pola asuh orangtuanya. Itu yang sekarang kami galakkan (parenting class),” ujarnya.

Parenting class tidak hanya untuk orangtua yang anaknya mengalami masalah tumbuh kembang, namun juga terbuka untuk umum dan gratis. Bagi mereka yang concern terhadap tumbuh kembang buah hatinya, parenting class ini sangat baik untuk diikuti.

“Awalnya yang hadir (parenting class) cuma 2 -3 orang, namun sekarang per sesi sudah dihadiri 10 sampai 15 orang. Kelas ini sudah rutin dilaksanakan sekali dua minggu pada hari Sabtu,” jelasnya. (Adv)

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/01/15/peduli-anak-indonesia-rs-awal-bros-pekanbaru-perluas-layanan-tumbuh-kembang-anak

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *