AWAS! Asal Korek Telinga Bisa Bahaya. Simak Cara yang Benar

SELAMA ini, siapa yang nggak pernah membersihkan sendiri area telinga dengan cotton buds? Kadang saat telinga terasa gatal langsung cari cotton buds dan mulai mengoreknya.

Meski telinga terasa bersih dari kotoran dan gatal hilang, tahukah guys kalau secara medis kita nggak boleh sembarangan membersihkan sendiri telinga.

Karena, kalau salah dalam membersihkannya, bisa menyebabkan infeksi pada telinga atau menyisakan rasa sakit yang berlebihan. Bukan itu saja, kita bisa melihat kondisi kesehatan telinga kita lewat warna kotoran telinga lho.

“Kotoran telinga yang normal warnanya cenderung hitam kecokelatan. Bentuknya bisa lunak, setengah padat, hingga padat. Hampir semua masalah di telinga menghasilkan warna kotoran yang sama,” kata dr Aditya Wicaksono SpTHT-KL, dokter spesialis THT/ENT RS Awal Bros kepada Tribun Batam, Kamis (11/1/2017).

Warna kotoran telinga beragam mulai putih, kekuningan, hijau, hingga hitam. Perbedaan warna itu terjadi karena ada permasalahan pada liang telinga atau gendang telinga.

Jika terjadi infeksi pada liang telinga, kotoran cenderung bewarna putih hingga kekuningan. Gendang telinga yang bolong cenderung berwarna kuning hingga kehijauan dan jamur pada liang telinga bisa dari bewarna putih hingga hitam dan terdapat hifa.

“Infeksi bisa terjadi karena dari faktor luar seperti bersihin terlalu dalam, kecelakaan tertusuk benda lain. Atau karena juga bisa radang pada hidung atapun tenggorokan. Kalau infeksi bisa karena lecet pada liang telinga,” kata dr Aditya.

Dr Aditya juga mengatakan, bahwa telinga tidak memiliki bantalan untuk menahan rasa nyeri. Jadi lapisan kulit pada telinga akan langsung mengenai tulang telinga. Sehingga dalam pembersihkan telinga haruslah diperhatikan agar jangan sampai lecet, lembab, hingga jamuran.

“Lembab itu bisa dikarenakan keringat dan bekerja di luar ruangan. Apalagi yang berhijab, maka akan lebih cenderung lembab, jadi perlu dibersihkan. Kalau air masuk ke telinga, setengah jam sampai sejam bisa hilang airnya karena ada proses menguap juga. Tapi kalau udah seminggu, berarti dari awal ada masalah dengan telinganya,” kata dr Aditya.

Bagaimana dengan pembersihan kotoran telingan dengan teknik ear candle?

Menurut dr Aditya, penggunaan ear candle sebenarnya tidak ada masalah selama telinga tidak mempunyai kotoran terlalu banyak dan tidak ada masalah kesehatan pada telinga.

Namun demikian, secara medis, dokter THT di Indonesia sepakat melarang penggunaan ear candle meskipun belum ada secara aturan tertulis mengenai hal tersebut.

Dr Aditya menyarankan, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebelum melakukan ear candle, petugas memeriksa dulu kondisi telinga pasien sebelum melakukan perawatan telinga menggunakan ear candle.

Begini Cara Tepat Bersihkan Telinga
1. Tidak perlu membersihkan kotoran hingga ke bagian dalam telinga. Karena telinga akan bersih sendiri dari pergerakan otot, angin, hingga pembersihkan pada liang telinga.
2. Jangan sembarang membersihkan area telinga. Gunakan cutton bud yang lembut
3. Bagi yang memiliki kotoran banyak, sebaiknya ke dokter enam bulan sekali untuk membersihkan kotoran. (*)

Sumber: http://batam.tribunnews.com/2018/01/12/awas-asal-korek-telinga-bisa-bahaya-simak-cara-yang-benar
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *