Pantau Tumbuh Kembang Anak Anda di Klinik CDC RS Awal Bros Pekanbaru

Riau24.com– Tumbuh kembang anak sejak baru lahir perlu mendapat perhatian dari setiap orang tua. Sejak tahun 2015, Rumah Sakit Awal Bros yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 117 Pekanbaru memiliki klinik layanan tumbuh kembang anak atau Child Development Center (CDC) yang akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak Anda.Di Klinik CDC ini, anak akan ditangani dengan ahlinya termasuk pakar psikologi anak yaitu Miftahul Hayati, M.Psi.

Miftah mengatakan, secara teori, yang disebut anak-anak adalah mereka dengan usia 0 hingga 18 tahun. Namun, usia yang benar-benar perlu mendapat perhatian adalah anak usi 0 hingga 5 tahun.

Ia juga mengungkapkan, perhatian dan pemantauan khusus sebaiknya bukan hanya untuk anak-anak yang mengalami masalah dalam tumbuh kembangnya, melainkan juga untuk anak-anak normal pada umumnya.

“Hal ini dilakukan agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Sebab, di klinik ini kita menyoroti seluruh proses tumbuh kembang anak,” ungkapnya, Rabu 17 Januari 2018. Apalagi kata dia untuk anak-anak dengan risiko tinggi memang harus mendapatkan langkah terapi agar tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal dan sesuai dengan umurnya.

“Anak-anak dengan risiko tinggi itu seperti anak yang terlahir prematur, anak dengan berat badan lahir rendah, anak yang setelah lahir mempunyai masalah kesehatan sehingga harus masuk ke NICU, lalu ada riwayat kuning, atau ada riwayat kejang. Nah, disini akan kita lakukan terapi secara komprehensif,” ujarnya.

Di klinik CDC ini, bisa menangani anak dengan gangguan autis, gangguan bicara dan bahasa, keterlambatan perkembangan, pola perilaku anak, hiperaktif dan sebagainya.

Namun kebanyakan pasien yang datang untuk ditangani oleh klinik CDC sejak didirikan yaitu anak dengan gangguan autis dengab persentase 30 hingga 40 persen.

Untuk ideal penanganan setiap kasus, Miftah mengatakan tidak memiliki patokan waktu, namun berpatokan pada kemampuan yang dicapai anak usai mendapat penanganan.

“Contohnya seperti kasus anak autis, ini adalah kondisu yang kita pantau terus dan setiap umur itu dia memiliki kesulitannya masing-masing. Nah, yang kita kejar adalah kemampuan yang mana dulu yang perlu kita berikan kepada anak tersebut. Kemudian permasalahan yang mana yang harus kita hilangkan dulu. Jadi itu biasanya kita targetkan. Kita punya target bulanan dan kita juga ada evaluasinya,” pungkasnya.

 Sumber: https://www.riau24.com/berita/baca/83572-pantau-tumbuh-kembang-anak-anda-di-klinik-cdc-rs-awal-bros-pekanbaru/
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *