Telat Minum Pil KB, Ini yang Akan Terjadi

VIVA –Konsumsi pil kontrasepsi jadi salah satu pilihan yang efektif bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan. Cara ini biasanya juga dilakukan untuk memberi jarak agar proses kehamilan tidak terlalu dekat.

Seperti diketahui, pil KB harus dikonsumsi secara rutin setiap hari. Jika telat mengonsumsinya, apa yang terjadi?

Satu hal yang paling ditakutkan, ketika lupa mengonsumsi pil KB, kesuburan seorang wanita semakin meningkat. Dengan begitu, risiko untuk hamil akan sangat tinggi.

Banyak info yang mengatakan, terlambat beberapa menit saja untuk mengonsumsi pil tersebut, maka risiko hamil sangat tinggi.

“Telat minum pil KB, intinya KB jadi gagal. Lupa satu kali, sudah gagal KB dan bisa terjadi kehamilan,” ujar Spesialis Kandungan RS Evasari, dr. Ridwan Mahmuddin, SpOG, kepada VIVA, di Jakarta, Senin 22 Januari 2018.

Ridwan menegaskan adanya penurunan hormon saat terlambat konsumsi pil KB, meski hanya beberapa jam saja. Tètapi, hal tersebut tidak menambah kesuburan seorang wanita.

“Sebaiknya selisih mengonsumsinya jangan terlalu lama karena hormonnya bisa langsung turun. Tapi, itu bukan berarti menambah kesuburan wanita,” terangnya.

Meski begitu, Ridwan menjelaskan, kesuburan seorang wanita masih ditentukan oleh hormon masing-masing individu. Keterlambatan konsumsi pil KB hanya salah satu faktor tambahan yang sebenarnya tidak berperan besar.

“Kalau wanita itu kesuburannya memang sangat tinggi, pasti kehamilan rentan terjadi,” ungkapnya.

Sumber: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/999375-telat-minum-pil-kb-ini-yang-akan-terjadi

Categories: Media Clipping and RS Evasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *