dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP-FIHA: Mengapa Belakangan ini Banyak Orang yang Meninggal Mendadak di Lapangan Badminton?

Narasumber : dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP-FIHA

dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP-FIHA

Tanya : Halo dokter. Mengapa belakangan ini banyak orang yang meninggal mendadak di lapangan badminton saat sedang berolahraga? Apakah ada saran dan ide sebelum main badminton atau jika tumbang di lapangan, apakah ada pertolongan pertama yang bisa membantu pasien dok? Terima kasih.

Jawab : Sayangnya, banyak orang yang tidak tau mengalami sakit jantung dan tiba-tiba meninggal mendadak. 30% orang yang terkena serangan jantung tidak pernah tau ada penyakit jantung sebelumnya. Saat di lapangan apabila dada terasa sakit, berikan aspirin yang dihancurkan terlebih dahulu 2 s/d 4 tablet. Saran dari saya, apabila sudah lama tidak main badminton, jangan langsung main dengan durasi yang lama. lebih baik stretching terlebih dahulu. Karena apabila sudah lama tidak main badminton dan tiba-tiba main, plaque di jantung bisa tiba-tiba pecah dan terbentuk gumpalan darah. jika lihat orang pegang dada jangan main-main, ini tipe orang sakit jantung serangan.

Ilustrasi Serangan Jantung

Untuk olahraga high impact seperti badminton, tennis, sepak bola dan futsal, harus berhati-hati jika umur sudah diatas 45 tahun, terutama untuk first timer. lain halnya untuk yang memang sudah bertahun-tahun dan rutin. jika sudah lama tidak olahraga dan umur sudah diatas 45 tahun disarankan agar jangan langsung main. Lebih baik melakukan stretching atau jogging kecil terlebih dahulu. Dan sebaiknya dirasakan dahulu apakah tubuh kuat atau tidak. Jika sewaktu jalan atau jogging dada terasa berat sebaiknya jangan main badminton. Treadmill saja dahulu. Jangan dipaksakan, apalagi untuk perokok dan di keluarganya ada riwayat serangan jantung.

Categories: Consultation and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *