Buang Lemak & Racun Tubuh

Saat ini banyak macam diet yang dilakukan, tidak hanya karena ingin menurunkan berat badan, tetapi juga karena ingin hidup lebih sehat. Karena sehat tidak hanya diraih dengan berat badan ideal tetapi juga memiliki pola hidup sehat.

Konsumsi makanan tak sehat bisa berimbas pada penumpukan lemak dalam tubuh. Efeknya? Tentu saja akan meningkatkan risiko terkena penyakit. Mulai diabetes bahkan bisa juga mengganggu kesuburan, lho!

“Banyaknya lemak dalam tubuh bisa menyebabkan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) sebagai salah satu pemicu terganggunya fungsi ovarium saat masa kesuburan,” kata dr. Brain Gantoro, SpGK, Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Lemak yang berlebihan sungguh sangat menggangu. Dan diet yang sesuai untuk membersihkan lemak atau menghilangkan lemak pada darah adalah dengan diet detoks.”Diet detoks itu tidak makan makanan yang mengandung kalori. Maknaan pokok juga dihindari, seperti nasi. Jadi hanya mengonsumsi sayur dan buah buahan saja,” kata dr. Brain.

Penyumbang kalori terbesar ada pada empat sehat lima sempurna. Jadi mulai dari karbohidrat, protein, lemak di hindari. Untuk protein hewani harus dihindari, karena protein hewani selalu mengandung lemak. Dan untuk protein nabati hanya boleh melalui proses perebusan saja.

“Jadi semua didapat buah dan sayur. Karbohidrat juga ada di buah dan sayur tapi tidak terlalu banyak. Buah dan sayur juga digunakan untuk menahan lapar. Kalau mau konsumsi buah dengan cepat bisa di jus,” ujarnya. Proses berat atau ringannya proses detoks dilihat dari makanan yang kita konsumsi. Proses berat karena makanan mengandung merkuri, logam berat. Dan untuk yang proses ringan bisa karena terkonsumsinya air yang tercemar. Nah, tertarik melakukan diet detoks?

dr. Brain Gantoro, SpGK
Spesialis Gizi Klinik
RS Awal Bros Batam

Empat Makanan Pembantu Detoks

Selain buah dan sayuran yang secara general dapat mengeluarkan detoks. Ada beberapa makanan yang bisa membantu detoks tubuhmu. Apa saja?

Blueberry

Blueberry memiliki kandungan gula yang rendah namun kaya akan antioksidan yang mampu memperlancar aliran darahmu. Bahkan dapat menguatkan daya kerja otak

Portobello Mashroom

Jamur ini kaya akan antioksidan dan riboflavin. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Asparagus

Asparagus dapat menjaga aliran darah tetap normal, menurunkan risiko diabetes dan menyehatkan kulit.

Yoghurt

Yoghurt baik untuk memperlancar gerakan usus. Yoghurt dapat menumbuhkan bakteri baik dan mendesak bakteri jahat. Jika kelebihan akan dikeluarkan. Yoghurt mengandung prebiotik yaitu serat makanan.

Sumber : Tribun Batam | Mellenial | 19 Maret 2018 | Hal. 10
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *