Diet Jangan Sampai Menyiksa

Bagi sebagian orang, penampilan menjadi prioritas nomor satu. Tidak hanya karena ingin tampil cantik di depan publik, tetapi juga karena tuntutan gaya hidup dan terhindar dari cemoohan lingkungan. Untuk mewujudkan hal itu, banyak upaya yang dilakukan perawat. Misalnya saja menjaga berat badan agar terlihat ideal, yakni dengan diet.

Tidak ada yang salah dari yang namanya diet, asalkan tidak sampai menyiksa diri. Hingga mengganggu cara pandang terhadap diri sendiri. Dan menimbulkan gangguan yang disebut dengan anoreksia. “Anoreksia itu berarti gangguan kejiwaan dan tidak mesti karena pola hidup. Tetapi anoreksia lebih ke self image dalam memandang dirinya sendiri. Mereka mau sekurus dan selangsing mungkin. Dan tidak hanya terjadi pada badan yang gemuk tetapi juga mereka yang punya badan kurus,” kata Ibu Maryana, Psikolog di Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Terobsesi dengan diet juga pernah dialami para selebriti dunia. Bahkan mereka sampai mengidap anoreksia. Seperti Milley Ciyrus, penyanyi lagu wrecking ball ini pernah dikabarkan menderita anoreksia nervosa, karena ia pernah memposting gambar dirinya tengah menghirup kantung makanan. Dan selebriti yang lebih real mengidap anoreksia adalah Mary Kate Olsen, saudara kembar Ashley Olsen ini bahkan diketahui mengidap anoreksia sejak balita. Tetapi saat ini ia sudah melakukan rehabilitasi untuk mengembalikan berat badannya yang proporsional.

Dari gambaran selebriti di atas tentu kita sedikit mengerikan membayangkan hal tersebut. Bagi pengidap anoreksia, mereka akan menjaga kalori makanannya. Bahkan sampai dihitung dan yang lebih parah sampai memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan.

“Sampai memuntahkan yang dimakan, posesif berolahraga, dan mereka merasa masih gemuk walaupun sebenarnya sudah kurus. Ini berpengaruh dari cara pandang yang menganggap bahwa seseorang akan dihargai jika mempunyai tubuh yang kurus,” ungkap Ibu Maryana.

Anoreksia lebih banyak terjadi pada wanita, tetapi beberapa kasus juga menyerang laki – laki. Dan apa penyebab terjadinya anoreksia? Ibu Maryana menjawab bahwa faktor yang mempengaruhi adalah lingkungan sekitarnya. Dan di sini media sangat berpengaruh, melihat siaran televisi, iklan, yang mana cantik itu identik dengan kurus – kurus, sehingga terpengaruh cara pandang terhadap dirinya sendiri.

“Dan di sini peran keluarga sangat penting. Tentang pemaknaan dalam diri. Menanamkan cara pandang bahwa rasa syukur karena ia lahir dari ciptaan Tuhan. Menanamkan diri bahwa dirinya ini berharga dengan bentuk tubuh seperti apapun,” ungkapnya. Tidak ada yang salah dengan diet, asalkan Mellenials tidak sampai mengubah cara pandang dan terobsesi untuk kurus hingga sampai menyiksa diri sendiri atau malah akan menimbulkan masalah fisik. Anoreksia bukan juga terjadi karena ada bawaan psikologis yang tertanam dalam diri.

TIPS UNTUK PENDERITA ANOREKSIA

  1. Konsultasikan pada psikolog atau psikiater
  2. Jika merasa terlalu cemas, maka lebih baik ke psikiater untuk diberikan obat
  3. Untuk mengubah cara pandang bisa konsultasi ke psikolog
  4. Kamu juga bisa melakukan rehabilitasi
  5. Konsultasi juga dengan dokter ahli gizi untuk membenarkan pola makan
SUMBER : TRIBUN BATAM | MELLENIAL | 15 MARET 2018 | HAL. 10
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *