Sakit Maag Ganggu Aktivitas

Penyakit maag cukup banyak penderitanya. Terutama mereka super sibuk, pola makan tidak teratur, serta suka makan pedas dan minuman bersoda. Meski tak berbahaya, maag sangat mengganggu aktivitas. Menurut Internis Rumah Sakit Awal Bros Batam dr. Arif Koswandi, SpPD-KGEH, termasuk dalam gejala penyakit maag. “Tidak semua orang sama gejala dominannya. Ada yang dominan nyerinya, kembungnya. Nyeri ulu hati selalu ada. Merasa pedih dan cepat kenyang. Makan sedikit cepat kenyang, kembung, sendawa,” kata dr. Arif.

Dr. Arif mencatat 90 persen penderita maag penyebabnya fungsional. Jika kelainan pada lambung dan usus kecil atau usus dua belas jari. Sementara 10 persen lagi menderita maag organik. Pada maag organik terdapat lecet dan sariawan di lambung dan usus kecil. “Karena itu dibedakan maag fungsional dan maag organik,” ujarnya.

Sedangkan maag organik diderita mereka berusia di atas 55 tahun. Terdapat tanda bahaya jika terjadi pada lansia yang mengeluh sakit maag. “Harus berhati – hati. Kemungkinan sakit maag organik,” katanya. Faktor lainnya, berat badan turun dalam tiga bulan, muntah darah, tinja hitam, muntah tak kunjung sembuh dan punya riwayat kanker saluran cerna dalam keluarga.

Pengobatan

“Pengobatan untuk penderita maag fungsional, kita kembalikan ke penyebabnya. Kalau stres, gaya hidup harus sehat, refreshing, makan teratur dan dijaga. Jangan makan pedas, kecut – kecut, minuman bersoda. Maag ini tidak berbahaya namun mengganggu kualitas hidup kita,” kata dr. Arif.

Maag fungsional tidak akan berubah menjadi maag organik. Kecuali faktor pencetus terjadi berulang. “Jangan biarkan lambung kosong. Pagi sarapan, siang makan dan sore atau malam makan. Hindari obat yang bisa mengganggu saluran cerna,” jelasnya.

Pemeriksaa fisik dengan ultrasonografi (USG) perlu dilakukan untuk melihat kelainan yang menyebabkan gangguan lambung ini. “Sakit maag bisa menyebabkan kematian bila tidak kita deteksi lebih dini. Jika sering berulang harus dicurigai, apakah organik atau tidak. Karena itu konsultasi ke dokter bila tidak sembuh – sembuh atau terdapat tanda bahaya tadi,” katanya.

Mengatur Makanan untuk Penderita Maag

Bila memiliki penyakit maag, mulailah mengatur pola makan agar kondisi tidak semakin parah. Spesialis Penyakit Dalam RS Awal Bros Batam, dr. Arif Koswandi, SpPD-KGEH memberikan tips sehat.

  1. Hindari makanan dan minuman mengandung gas dan terlalu banyak serat, seperti sawi, kol, buah tertentu seperti nangka dan pisang ambon. Makanan berserat seperti kedondong dan makanan yang dikeringkan serta minuman bersoda.
  2. Hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5% – 20%, anggur putih, sari buah citrus dan susu full cream
  3. Hindari makanan sulit dicerna yang dapat memperlambat proses pengosongan lambung, seperti makanan berlemak, seperti kue, keju dan coklat.
  4. Hindari makanan yang secara langsung merusak lambung, seperti makanan pedas, cuka, merica dan bumbu yang merangsang.
  5. Hindari makanan yang bisa melemahkan klep kerongkongan, seperti alkohol, coklat dan makanan tinggi lemak seperti gorengan.
  6. Hindari mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, singkong, talas dan dodol
  7. Hindari hal – hal yang dapat meningkatkan gas dalam lambung, seperti permen karet dan merokok
SUMBER : KORAN SINDO | HEALTH | 14 MARET 2018 | HAL. 16
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *