Kenali Penyakit Wasir (Haemorhoid)

Meski sepele dan tidak mematikan, wasir tetap harus diwaspadai. Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit terutama ketika buang air besar. Pola makan kurang serat bisa memperparah kondisi wasir sehingga berkembang ke stadium lanjut.

dr. Julias Arief Komala Sp.B – Dokter Spesialis Bedah Umum Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur menjeaskan bahwa bahaya ambeien dapat menimpa pria dan wanita yang cenderung memiliki gaya hidup dan kebiasaan buruk, termasuk pola makan tidak sehat. Bahaya ambeien merupakan dampak buruk akibat buang air besar yang dipaksakan sehingga terjadi penekanan pada anus yang memicu pendarahan.

Wasir atau Ambeien (Haemorhoid) adalah suatu keadaan dimana keluar benjolan di daerah anus atau lubang pembuangan akibat pembesaran pembuluh darah balik atau pembuluh darah venna. Pembesaran ini dapat diakibatkan oleh banyak hal, secara prinsip akibat peningkatan tekanan di pembuluh darahnya yang bisa ditimbulkan akibat meneran atau mengejan pada saat buang air besar, sering duduk lama selama pada saat buang air besar .

Penyebab lain dari Wasir dapat juga ditimbulkan akibat kehamilan atau sering mengangkat beban berat. Lalu, apakah wasir dapat dihindari? Untuk menghindari wasir kita dapat melakukan pola hidup yang sehat misalnya banyak makan sayur atau makanan yang berserat, banyak minum air putih sekitar 6-8 gelas perhari, banyak makan buah dan tentunya buang air besar yang teratur dan juga tidak terlalu lama di kamar mandi saat buang air besar. Menjaga berat badan juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko wasir.

Kunjungi Poli Bedah Rumah Sakit Awal Bros bila Anda memiliki keluhan seputar wasir atau Ambeien (Haemorhoid).

Bagikan ke :