Tidur Berlebihan Ternyata Berbahaya! Begini Cara Mencegahnya

Pernah nggak sih kalian lihat orang yang bisa langsung tertidur pulas begitu nempel di bantal? Bahkan, ada yang saat tidur nggak peduli di mana tempatnya tetap saja bisa tidur nyenyak. Dalam istilah medis, orang yang sangat mudah tertidur di mana pun dikenal sebagai hipersomia.

“Orang yang terkena hipersomnia biasanya akan merasa mengantuk saat siang hari dan saat malam hari ia juga akan tidur cepat dan nyenyak juga. Selain itu, tidurnya dalam waktu lama, kalau dari ilmu psikologi, ia mempunyai tekanan terhadap psikisnya,” kata Ibu Maryana, Psikolog RS Awal Bros Batam.

Selain karena adanya tekanan secara psikologisnya, pengidap hipersomnia juga bisa dikarenakan depresi, lelah karena pekerjaan dan terlalu sibuk juga membuat orang mengalami hipersomnia.

Jadi apakah tidur siang itu sebenarnya baik untuk kesehatan? Maryana mengatakan bahwa “tidur siang dianjurkan hanya 30 menit saja, tidak lebih. Walaupun 30 menit, otak akan mengalami proses refresh kembali dan ini tidak akan menganggu waktu tidur malam. Jika tidur siang dilakukan sesering mungkin, maka yang akan terjadi adalah hipersomnia”.

“Di sini kita bisa bantu dengan Theraphy CBT. Theraphy yang mana akan mengubah cara berpikir dan cara berperilaku. Kalau dari sisi psikologisnya. Tetapi kerja sama dengan dokter lain, jadi hipersomnia akan diberikan obat,” katanya.

Hipersomnia ternyata bukan hanya terjadi pada mereka yang terlalu sibuk, tetapi juga bisa karena tidak melakukan aktivitas apapun. Sehingga bawaannya ingin habiskan waktu dengan tidur.

Tips 
Cara Mencegah Hipersomnia

  • Lakukan olahraga yang teratur. Karena tubuh yang terkena paparan sinar matahari 30 menit saja akan mengembalikan regulasi pola tidur
  • Coba untuk tidur lebih awal dari waktu biasanya tidur
  • Lakukan diet seimbang agar tidak obesitas atau kekurangan gizi
  • Konsultasi ke psikolog atau psikiater. Jika masih hipersomnia masih menganggu
Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *