Bahas Soal Tumbuh Kembang Anak, Seminar Awam RS Awal Bros Diserbu Masyarakat

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Ruang Awaloeddin Function Hall Lantai A Rumah Sakit Awal Bros di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, seketika diserbu ratusan masyarakat, Sabtu (7/4/2018) pagi.

Pantauan Tribunpekanbaru.com, antusiasme masyarakat memang terbilang tinggi, untuk menghadiri kegiatan seminar awam yang digelar salah satu rumah sakit swasta terbesar di Pekanbaru itu.

Tema yang diangkat adalah soal pentingnya mengenali tumbuh kembang anak.

Dalam hal ini, mereka yang datang juga berkesempatan bertanya dan berkonsultasi langsung dengan narasumber yang memang berkompeten di bidangnya.

Di mana, ada dua orang pakar anak yang didapuk jadi pembicara di kegiatan tersebut. Diantaranya, dr. Antonius H. Pudjiadi, SpA (K) selaku Ketua Bagian Ilmiah PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Kemudian ada juga Miftahul Hayati M.Psi, selaku Psikolog Anak dari RS Awal Bros Pekanbaru sendiri.

Direktur RS Awal Bros Pekanbaru dr. Nurhidayati Endah Puspita Sari, MARS, saat diwawancarai mengatakan, dalam kegiatan seminar ini juga dilakukan pengenalan sebuah aplikasi berbasis perangkat mobile.

Aplikasi tersebut bernama ‘Prima’ atau ‘PrimaKu’. Aplikasi ini bisa didownload lewat layanan Google PlayStore untuk smartphone Android.

Lewat aplikasi yang langsung berada dalam kontrol IDAI Pusat ini, para orangtua bisa mengecek, mengenali dan sekaligus mendeteksi segala permasalahan tentang tumbuh kembang pada anak mereka.

“Sekarang kan jamannya semua orang sudah pada pegang gadget ya. Nah, daripada orangtua bingung mau bertanya ke mana soal masalah tumbuh kembang anaknya. Kini sudah ada aplikasi khusus yang bisa membantu soal itu,” ungkap dia.

Dibeberkan wanita yang akrab disapa dr. Ita ini, di aplikasi tersebut para orangtua bisa mengecek berat badan anak yang sesuai umur, berat badan anak yang sesuai tinggi badan, pertumbuhan dan perkembangan motorik kasar dan halus sang anak.

Lalu bagaimana cara menstimulasi jika ditemukan ada kekurangan dan kelainan, bahkan ada saran gizi atau nutrisi yang pas jika didapati berat badan tidak sesuai.

Kemudian ada juga artikel-artikel bermanfaat yang dishare langsung oleh IDAI soal masalah anak. Yang pasti artikel tersebut bukan hoax.

“Jadi sangat penting bagi orangtua untuk bisa tahu dan memahami soal tumbuh kembang si anak. Utamanya di lima tahun pertama (usia emas),” terang dia.

“Kalau ada ditemukan deviasi (kelainan) harus segera distimulus. Karena secepat mungkin kita tahu, secepat mungkin kita tambah stimulasinya, maka si anak juga cepat kembali ke kondisi yang normal dan semestinya,” imbuh dr. Ita lagi.

Terpisah, Psikolog Anak RS Awal Bros Pekanbaru, Miftahul Hayati, M.Psi menuturkan, pertumbuhan dan pekembangan pada anak sejatinya harus berjalan seimbang.

Di mana pertumbuhan lebih ke arah fisik, sedangkan perkembangan adalah tentang aspek kemampuan. Mulai dari kemampuan bicara, bahasa, berpikir, respon sosial, dan ekspresi.

Dikatakan dia, anak yang pada dasarnya punya karakter suka meniru, maka orangtua mesti memberikan contoh perbuatan dan perilaku yang benar.

“Jika melihat anak melakukan tindakan yang tidak sesuai, maka kita harus kembalikan lagi, yang sesuainya seperti apa. Caranya dengan memberikan contoh yang seharusnya,” tegas dia.

Diungkapkan dia, sebagian besar keluhan orangtua terkait masalah pada anak adalah tentang emosi dan sosial.

Hal ini kerap terjadi karena orangtua biasanya lebih mementingkan aspek akademik (intelektualitas). Sedangkan soal emosi dan ekspresi anak, jarang diperhatikan.

Sementara itu, ditambahkan Miftah, di RS Awal Bros Pekanbaru sendiri menyediakan layanan khusus penanganan terhadap anak.

“Di sini layanan yang kita berikan lengkap. Misalnya dalam bentuk terapi, disesuaikan dengan kebutuhan si anak. Ada terapi wicara, fisioterapi, okupasi terapi, dokter anak juga lengkap,” tandasnya. (*)

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/04/07/bahas-soal-tumbuh-kembang-anak-seminar-awam-rs-awal-bros-diserbu-masyarakat?page=all

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *