RS Awal Bros Gelar Meet the Expert, Dr Aman Paparkan Materi Stunting

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – RS Awal Bros Pekanbaru gelar Meet the Expert di Hotel Pangeran Pekanbaru, Minggu (3/4/2018). Acara tersebut diikuti oleh dokter dan karyawan RS Awal Bros Grup Pekanbaru. Menghadirkan dua orang dokter Spesialis Anak Konsultan sebagai pembicara, yakni DR.dr. Aman B. Pulungan, SpA (K). FAAP, yang memberikan materi tentang stunting dan dr Antonius H Pudjiadi, SpA (K), materi adalah penanganan kegawatdaruratan pada anak.

Dalam pemaparannya dr Aman mengatakan Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. “Menurut UNICEF, stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak keluaran WHO. Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk,” paparnya di hadapan peserta, termasuk Tribunpekanbaru.com.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia ini menambahkan, anak Stunting sudah bisa diketahui sejak dalam kandungan.
Ada beberapa faktor penyebab Stunting, di antaranya adalah nutrisi yang kurang, perubahan hormon yang dipicu oleh stres, sering menderita infeksi di awal kehidupan seorang anak, genetik, terkontaminasi lingkungan dan lainnya. “Anak yang bertubuh pendek belum tentu stunting, apalagi jika berprestasi di sekolah. Jadi jangan samakan ya. Stunting ini menjadi permasalahan yang dibahas oleh pemerintah saat ini.

Jadi tugas dokter dan rumah sakit adalah mencegah perkembangan stunting. Caranya menjaga kondisi tubuh bayi mulai dari dalam kandungan hingga berusia dua tahun, agar tidak stres dan pola tidur yang teratur,” tuturnya.
Direktur RS Awal Bros Pekanbaru, dr.Nurhidayati Endah Puspita Sari,MARS mengatakan acara tersebut bertujuan untuk menambah ilmu bagi para dokter dan karyawan RS Awal Bros Pekanbaru, terutama dalam penanganan pasien anak.

“Mudah-mudahan acara ini bermanfaat, terutama menangani masalah pasien anak-anak. Semoga ilmu yang didapat bisa menumbuhkembangkan RS Awal Bros Pekanbaru kedepannya,”ucap Nurhidayati.
Acara tersebut dimoderatori oleh dr.Cece Alfalah,SpA(K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Hematologi Onkologi RS Awal Bros Pekanbaru. Ia menambahkan, acara itu diselenggarakan bertepatan dengan hari kesehatan dunia. (*)

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/04/08/rs-awal-bros-gelar-meet-the-expert-dr-aman-paparkan-materi-stunting

Categories: Media Clipping and RS Awal Bros Pekanbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *